Text
Pemasaran pariwisata berbasis pelestarian budaya dalam pesta kesenian Bali
Keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia merupakan suatu modal besar bagi
pengembangan pariwisata khususnya pariwisata budaya. Bentuk ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010040007535 910.2 Ami p Perpustakaan Pusat (Reference Kls. 900) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 910.2 Ami p/R.18.45.2Penerbit Fakultas Ilmu Budaya Unpad : Bandung., 2017 Deskripsi Fisik xxvii, 337 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 910.2Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik ReferencePernyataan Tanggungjawab Amirosa Ria S -
Keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia merupakan suatu modal besar bagi
pengembangan pariwisata khususnya pariwisata budaya. Bentuk pemasaran yang
tepat merupakan solusi untuk mendatangkan wisatawan yang tertarik terhadap
pariwisata budaya sekaligus melestarikan budaya masyarakat. Diperlukan kreativitas
sehingga pasar tidak jenuh dan terus mengalami peningkatan, Event merupakan salah
satu bentuk kreativitas yang dapat dilakukan guna memberi warna dalam
perkembangan kepariwisataan di Indonesia. Sebuah organisasi nonprofit yang
memiliki tujuan bukan keuntungan berupa uang tetapi keuntungan lainnya berupa
pelestarian budaya adalah panitia penyelenggara Pesta Kesenian Bali. Bali
merupakan salah satu daerah yang telah secara reguler menyelenggarakan festival
yang bernama Pesta Kesenian Bali. Penyelenggaraan festival budaya yang dilakukan
pemerintah daerah Bali tersebut, bertujuan untuk pelestarian dan pengembangan
kebudayaan. Pariwisata sebagai sektor unggulan perekonomian di Bali tentunya
bergantung pula dengan budaya Bali, sebagai modal dasar pembangunan pariwisata,
yang harus dilestarikan jika ingin keberlanjutan Pariwisata di Bali tetap
dipertahankan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan pelestarian
budaya melalui Pesta Kesenian Bali dengan berbagai kelompok yang terlibat
didalamnya; Memahami pemanfaatan Pesta Kesenian Bali bagi Pariwisata di Bali;
Mendeskripsikan peran stakeholder pariwisata dalam membangun citra Bali sebagai
destinasi pariwisata budaya melalui Pesta Kesenian Bali; Menemukan model
pemasaran pariwisata berbasis pelestarian budaya dalam Pesta Kesenian Bali. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif,
dengan studi etnografis. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan deskripsi
tentang perilaku melalui pengamatan, wawancara, dan dokumen. Guna melengkapi
data yang diperlukan dilakukan pula penyebaran kuesioner kepada wisatawan
mancanegara yang berkunjung ke PKB. Hasil dari penelitian ini adalah pelestarian
budaya Bali melalui Pesta Kesenian Bali merupakan suatu event yang bukan hanya
dilaksanakan dalam kurun waktu satu bulan pelaksanaan event namun selama hampir
setahun penuh, melibatkan banyak pihak baik pemerintah daerah dan pusat,
swastalindustri, media, institusi pendidikan, dan masyarakat baik di seluruh Provinsi
Bali, kabupaten dan provinsi di luar Bali, serta Negara lain. Pemanfaatan PKB selain
untuk pelestarian budaya juga salah satunya bagi pariwisata. Pemasaran pariwisata
berbasis pelestarian budaya dalam PKB merupakan bentuk pemasaran internal,
ekstemal, dan interaktif. Model pemasaran pariwisata berbasis pelestarian budaya
dalam PKB juga merupakan hasil yang diharapkan dapat menjadi pedoman bagi
pelestarian budaya dalam suatu destinasi pariwisata budaya dengan konsep
. pemasaran bertanggungjawab yang mendasarinya.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.