Detail Cantuman

Image of Pemasaran pariwisata berbasis pelestarian budaya dalam pesta kesenian Bali

Text  

Pemasaran pariwisata berbasis pelestarian budaya dalam pesta kesenian Bali


Keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia merupakan suatu modal besar bagi
pengembangan pariwisata khususnya pariwisata budaya. Bentuk ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010040007535910.2 Ami pPerpustakaan Pusat (Reference Kls. 900)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    910.2 Ami p/R.18.45.2
    Penerbit Fakultas Ilmu Budaya Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xxvii, 337 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    910.2
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia merupakan suatu modal besar bagi
    pengembangan pariwisata khususnya pariwisata budaya. Bentuk pemasaran yang
    tepat merupakan solusi untuk mendatangkan wisatawan yang tertarik terhadap
    pariwisata budaya sekaligus melestarikan budaya masyarakat. Diperlukan kreativitas
    sehingga pasar tidak jenuh dan terus mengalami peningkatan, Event merupakan salah
    satu bentuk kreativitas yang dapat dilakukan guna memberi warna dalam
    perkembangan kepariwisataan di Indonesia. Sebuah organisasi nonprofit yang
    memiliki tujuan bukan keuntungan berupa uang tetapi keuntungan lainnya berupa
    pelestarian budaya adalah panitia penyelenggara Pesta Kesenian Bali. Bali
    merupakan salah satu daerah yang telah secara reguler menyelenggarakan festival
    yang bernama Pesta Kesenian Bali. Penyelenggaraan festival budaya yang dilakukan
    pemerintah daerah Bali tersebut, bertujuan untuk pelestarian dan pengembangan
    kebudayaan. Pariwisata sebagai sektor unggulan perekonomian di Bali tentunya
    bergantung pula dengan budaya Bali, sebagai modal dasar pembangunan pariwisata,
    yang harus dilestarikan jika ingin keberlanjutan Pariwisata di Bali tetap
    dipertahankan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan pelestarian
    budaya melalui Pesta Kesenian Bali dengan berbagai kelompok yang terlibat
    didalamnya; Memahami pemanfaatan Pesta Kesenian Bali bagi Pariwisata di Bali;
    Mendeskripsikan peran stakeholder pariwisata dalam membangun citra Bali sebagai
    destinasi pariwisata budaya melalui Pesta Kesenian Bali; Menemukan model
    pemasaran pariwisata berbasis pelestarian budaya dalam Pesta Kesenian Bali. Metode
    penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif,
    dengan studi etnografis. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan deskripsi
    tentang perilaku melalui pengamatan, wawancara, dan dokumen. Guna melengkapi
    data yang diperlukan dilakukan pula penyebaran kuesioner kepada wisatawan
    mancanegara yang berkunjung ke PKB. Hasil dari penelitian ini adalah pelestarian
    budaya Bali melalui Pesta Kesenian Bali merupakan suatu event yang bukan hanya
    dilaksanakan dalam kurun waktu satu bulan pelaksanaan event namun selama hampir
    setahun penuh, melibatkan banyak pihak baik pemerintah daerah dan pusat,
    swastalindustri, media, institusi pendidikan, dan masyarakat baik di seluruh Provinsi
    Bali, kabupaten dan provinsi di luar Bali, serta Negara lain. Pemanfaatan PKB selain
    untuk pelestarian budaya juga salah satunya bagi pariwisata. Pemasaran pariwisata
    berbasis pelestarian budaya dalam PKB merupakan bentuk pemasaran internal,
    ekstemal, dan interaktif. Model pemasaran pariwisata berbasis pelestarian budaya
    dalam PKB juga merupakan hasil yang diharapkan dapat menjadi pedoman bagi
    pelestarian budaya dalam suatu destinasi pariwisata budaya dengan konsep

    . pemasaran bertanggungjawab yang mendasarinya.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi