Detail Cantuman

Image of MODEL KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING BERDASARKAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KAPABILITAS DINAMIS DAN PEMBENTUKAN ALIANSI STRATEGIS

Text  

MODEL KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING BERDASARKAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KAPABILITAS DINAMIS DAN PEMBENTUKAN ALIANSI STRATEGIS


Saat ini kontribusi pendapatan transaksi ritel e-commerce di Indonesia
masih relatif kecil dibanding dengan negara-negara lain seperti China ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010040007542650 Joh mPerpustakaan Pusat (Reference Kls. 600)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    650 Joh m/R.1287.4
    Penerbit Fakaultas Ekonomi Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 428 hlm. ; il. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    650
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Saat ini kontribusi pendapatan transaksi ritel e-commerce di Indonesia
    masih relatif kecil dibanding dengan negara-negara lain seperti China dan
    Amerika. Namun, hasil riset dari berbagai lembaga/institusi dunia menyebutkan
    bahwa ritel e-commerce di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Banyak
    faktor yang memicu pertumbuhan ritel e-commerce di Indonesia, diantaranya life
    style masyarakat yang semakin digital dan kehadiran pengusaha baru dibidang
    ritel e-commerce yang bertumbuh pesat. Walapun tingkat kehadiran pengusaha
    baru dibidang ritel e-commerce ini relatif besar, namun hasil pre-research
    menunjukkan bahwa tidak ban yak pengusaha ritel e-commerce yang berhasil
    membangun kinerja bisnis yang superior sehingga kurang berdampak kepada
    peningkatan pendapatan ritel nasional. Berdasarkan kajian teoritis, kinerja bisnis
    yang superior merupakan dampak dari kemampuan membangun keunggulan
    bersaing melalui pengembangan core competencies perusahaan yang berbeda
    untuk setiap industri. Adapun hasil dari exploratory research menghasilkan
    bahwa core competency untuk industri ritel e-Commerce terdiri dari: Orientasi
    Kewirausahaan, Kapabilitas Dinamis dan Pembentukan Aliansi Strategik.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dari Orientasi
    Kewirausahaan, Kapabilitas Dinamis dan Pembentukan Aliansi Strategik baik
    secara simultan maupun parsial terhadap Keunggulan Bersaing dan dampaknya
    terhadap Kinerja Bisnis. Unit analisis dalam penelitian ini adalah perusahaan
    yang bergerak di bidang bisnis ritel e-commerce yang selanjutnya disebut Toko
    Online E-Commerce, sedangkan unit observasi adalah pimpinan dari Toko Online
    E-Commerce di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Mix Methods
    Research dengan Sequential Transformative Strategy menggunakan instrumen
    exploratori, deskriptif, eksplanatori dan grounded research.

    Dari hasil penelitian terungkap bahwa tingkat orientasi kewirausahaan,
    kapabilitas dinamis, pembentukan aliansi strategik, keunggulan bersaing dan
    kinerja bisnis toko online di DKI Jakarta masih kurang superior. Ketiga variabel
    core competency Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Dinamis dan
    Pembentukan Aliansi Strategik tidak berpengaruh langsung terhadap Kinerja
    Bisnis Toko Online E-Commerce tetapi berpengaruh secara tidak langsung
    melalui Keunggulan Bersaing. Selanjutnya dari hasil grounded research
    mengungkapkan bahwa ada lima faktor ekstemal yang berperan penting dalam
    meningkatkan produktivitas Kinerja Bisnis yaitu: Pemerintah, Marketplace e­
    commerce provider, Internet access provider, courier service provider dan
    lembaga non-pemerintah. Dari hasil penelitian di atas, selanjutnya dibangun key
    success factor frameworks for e-commerce.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi