Text
Dominasi dan Penguatan Kepentingan Stasiun Televisi melalui Multiplatform dalam Industri Media
DOMINASI DAN PENGUATAN KE-J>ENTINGAN STASIUN TELEVISI
MELALUI l\1UL TIPLATFORM DALAM INDUSTRI MEDIA
(Kajian Ekonomi dan Politik Media ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010040007545 384.55 Rah d Perpustakaan Pusat (Reference Kls. 300) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 384.55 Rah d/R.17.524.1Penerbit Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Unpad : Bandung., 2017 Deskripsi Fisik xvi, 370 hlm. ; ill. ; 29 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 384.55Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik ReferencePernyataan Tanggungjawab Rahmat Edi Irawan -
DOMINASI DAN PENGUATAN KE-J>ENTINGAN STASIUN TELEVISI
MELALUI l\1UL TIPLATFORM DALAM INDUSTRI MEDIA
(Kajian Ekonomi dan Politik Media pada Stasiun Televisi Net Tahun 2013-2016)
Abstrak
Rahmat Edi Irawan (170130120025); Dominasi dan Penguatan Kepentingan Stasiun Televisi Melalui
Distribusi Multiplatforrn (Kajian Ekonomi dan Politik Media pada Stasiun Televisi Net Tahun 2013-
2016. Promotor; Prof. H. Deddy Mulyana, MA, Ph.D, Dr. Eni Maryani., M.Si dan Or. Dadang Rahmat
Hidayat., SH., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dominasi dan penguatan kepentingan
stasiun televisi ketika hadir menyapa khalayaknya dalam berbagai platform atau rnultiplatforrn
dewasa ini .. Jika sebelumnya penonton hanya bisa mengakses tayangannya melalui platform
teresterial, maka pada stasiun televisi multiplatform, penonton juga dapat menyaksikan programĀ
program televisi melalui platform lainnya, seperti streaming, media sosial, aplikasi maupun
video on demand. Meski mernudahkan dan terlihat rnengutarnakan kepentingan penonton,
kehadiran televisi multiplatform memberikan banyak hal baru dalam hubungan antara media
televisi dengan penontonnya.
Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kritis, dengan metode
kualitatif dan pendekatan studi kasus, untuk dapat memperlihatkan bagiamana strategi ekonomi
politik yang dijalankan pemilik dan pengelola pada salah satu media televisi multiplatform yang
ada, yaitu stasiun televisi Net, punya dampak terhadap bagaimana pola hubungan yang dibangun
antara media dengan khalayaknya, karyawannya, regulator maupun masyarakat lainnya. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori kritis, terutama Teori Ekonorni dan Politik
Komunikasi atau Media, untuk menganalisis bagaimana kehadiran stasiun televisi multiplatforrn
sebagagai upaya pemilik dan pengelola media, untuk mernpertahakan dominasi dan
kepentingannya, baik terhadap khalayak rnaupun para pekerja media.
Melalui penelusuran kualitatif hasil penelitian ini adalah ditemukannya adanya proses
komodifikasi, strukturisasi dan spasialisasi di stasiun televisi Net yang sudah menerapkan
multiplatform, yang semakin memperlihatkan dominasi media massa terhadap khalayaknya.
lIasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemajuan teknologi di bidang media massa hanya
akan menambah ruang baru bagi media massa untuk mernperoleh keuntungan, baik secara
ekonomi maupun politik.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.