Detail Cantuman

Image of Dominasi dan Penguatan Kepentingan Stasiun Televisi melalui Multiplatform dalam Industri Media

Text  

Dominasi dan Penguatan Kepentingan Stasiun Televisi melalui Multiplatform dalam Industri Media


DOMINASI DAN PENGUATAN KE-J>ENTINGAN STASIUN TELEVISI
MELALUI l\1UL TIPLATFORM DALAM INDUSTRI MEDIA
(Kajian Ekonomi dan Politik Media ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010040007545384.55 Rah dPerpustakaan Pusat (Reference Kls. 300)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    384.55 Rah d/R.17.524.1
    Penerbit Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi, 370 hlm. ; ill. ; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    384.55
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • DOMINASI DAN PENGUATAN KE-J>ENTINGAN STASIUN TELEVISI
    MELALUI l\1UL TIPLATFORM DALAM INDUSTRI MEDIA
    (Kajian Ekonomi dan Politik Media pada Stasiun Televisi Net Tahun 2013-2016)

    Abstrak

    Rahmat Edi Irawan (170130120025); Dominasi dan Penguatan Kepentingan Stasiun Televisi Melalui
    Distribusi Multiplatforrn (Kajian Ekonomi dan Politik Media pada Stasiun Televisi Net Tahun 2013-
    2016. Promotor; Prof. H. Deddy Mulyana, MA, Ph.D, Dr. Eni Maryani., M.Si dan Or. Dadang Rahmat
    Hidayat., SH., M.Si

    Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dominasi dan penguatan kepentingan
    stasiun televisi ketika hadir menyapa khalayaknya dalam berbagai platform atau rnultiplatforrn
    dewasa ini .. Jika sebelumnya penonton hanya bisa mengakses tayangannya melalui platform
    teresterial, maka pada stasiun televisi multiplatform, penonton juga dapat menyaksikan programĀ­
    program televisi melalui platform lainnya, seperti streaming, media sosial, aplikasi maupun
    video on demand. Meski mernudahkan dan terlihat rnengutarnakan kepentingan penonton,
    kehadiran televisi multiplatform memberikan banyak hal baru dalam hubungan antara media
    televisi dengan penontonnya.

    Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kritis, dengan metode
    kualitatif dan pendekatan studi kasus, untuk dapat memperlihatkan bagiamana strategi ekonomi
    politik yang dijalankan pemilik dan pengelola pada salah satu media televisi multiplatform yang
    ada, yaitu stasiun televisi Net, punya dampak terhadap bagaimana pola hubungan yang dibangun
    antara media dengan khalayaknya, karyawannya, regulator maupun masyarakat lainnya. Teori
    yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori kritis, terutama Teori Ekonorni dan Politik
    Komunikasi atau Media, untuk menganalisis bagaimana kehadiran stasiun televisi multiplatforrn
    sebagagai upaya pemilik dan pengelola media, untuk mernpertahakan dominasi dan
    kepentingannya, baik terhadap khalayak rnaupun para pekerja media.

    Melalui penelusuran kualitatif hasil penelitian ini adalah ditemukannya adanya proses
    komodifikasi, strukturisasi dan spasialisasi di stasiun televisi Net yang sudah menerapkan
    multiplatform, yang semakin memperlihatkan dominasi media massa terhadap khalayaknya.
    lIasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemajuan teknologi di bidang media massa hanya
    akan menambah ruang baru bagi media massa untuk mernperoleh keuntungan, baik secara
    ekonomi maupun politik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi