Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengaruh Lingkungan Eksternal Individu dan Kinerja Sistem Penyampaian Jasa terhadap Nilai Penabung serta Dampaknya pada Jumlah Tabungan


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pertimbangan lingkungan eksternal individu oleh Penabung dalam menggunakan jasa tabungan. (2) Kinerja ...

  • Tidak ada salinan data

  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D1045
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pertimbangan lingkungan eksternal individu oleh Penabung dalam menggunakan jasa tabungan. (2) Kinerja dan kesesuaian sistem penyampaian jasa tabungan yang dipersepsikan Penabung. (3) Nilai Penabung yang terdiri dari aspek manfaat yang diterima dan korbanan yang dikeluarkan oleh para Penabung dalam menggunakan jasa tabungan. (4) Jumlah tabungan berdasarkan tingkatan nilai. (5) Pengaruh lingkungan eksternal individu Penabung dan kinerja sistem penyampaian jasa terhadap nilai Penabung. (6) Pengaruh lingkungan eksternal individu Penabung dan kinerja sistem penyampaian jasa terhadap jumlah tabungan. (7) Pengaruh nilai Penabung terhadap jumlah tabungan. Penelitian ini dilakukan di seluruh kantor Bank Jabar di Wilayah Jawa Barat secara deskriptif dan verifikatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode survai dengan menggunakan teknik penarikan sampel secara acak. Dari 661.618 populasi penabung, dengan menggunakan rumus iterasi ( = 0,05, = 0,05, dan = 0,30 ) diperoleh ukuran sampel yang di ambil sebesar 500. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan analisis dengan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan eksternal individu oleh Penabung dalam menggunakan jasa tabungan menurut persepsi Penabung cukup dipertimbangkan, kinerja sistem penyampaian jasa tabungan yang dipersepsikan Penabung pada umumya dapat dikatakan cukup baik dan mengenai kesesuaian yang menggambarkan bahwa kinerja sistem penyampaian jasa memenuhi harapan Penabungnya cukup sesuai, dengan kesesuaian yang diperoleh untuk SDM adalah sebesar 71,12%, proses 68,88% dan untuk sarana fisik sebesar 70,84%. Nilai Penabung yang terdiri dari aspek manfaat yang diterima dan korbanan yang dikeluarkan oleh para Penabung dalam menggunakan jasa tabungan cukup tinggi. Jumlah tabungan berdasarkan tingkatan nilai, didapat bahwa nilai tabungan menggambarkan bahwa mayoritas responden jumlah tabungan berada pada tingkatan tabungan menengah (saldo tabungan diantara Rp. 7,5 juta sampai dengan 25 jt juta rupiah) dan tabungan kecil (Jumlah tabungan diantara Rp. 1 Juta sampai dengan 7,5 juta rupiah) Dari hasil pengujian statistik yang diperoleh, ternyata pengaruh secara keseluruhan baik langsung maupun tidak langsung dari lingkungan eksternal individu Penabung dan kinerja sistem penyampaian jasa terhadap nilai Penabung jasa tabungan adalah signifikan, untuk pengaruh dari lingkungan eksternal individu Penabung dan kinerja sistem penyampaian jasa terhadap jumlah tabungan adalah signifikan, Sedangkan pengaruh nilai Penabung terhadap jumlah tabungan ada pengaruh nyata yang signifikan. Ini disebabkan karena Penabung dalam menikmati layanan tabungan benar-benar menuntut benefit yang tinggi khususnya untuk kelengkapan layanan, rasa aman, dan nyaman dengan korbanan seminimal mungkin, juga faktor lingkungan eksternal individu ada unsur budaya, keluarga, kelompok dan tingkat sosial yang cenderung menjadi pertimbangan utama Penabung dalam melakukan penambahan dana di bank. Untuk selanjutnya Bank meningkatkan upaya mempengaruhi Penabung supaya lebih meningkatkan jumlah tabungan dengan cara memberikan nilai yang superior melalui meningkatkan kinerja sistem penyampaian jasa serta lebih memperhatikan faktor lingkungan eksternal individu dari Penabung.

    The study is focused on seven purposes : ( 1) Consideration of external individual environment by customers in using saving service. ( 2) Performance and appropriation Service Delivery System of saving service in customer perception. ( 3) Customer Value which consist of accepted benefit aspect and cost by customers in using saving service. ( 4) Customer Savings pursuant to level value. (5) Influence of external individual environmental and service delivery system performance toward Customer Value of service saving. (6) The Influence of external individual environment and service delivery system performance toward Customer Saving. (7) The Influence of Customer value toward Saving amount. The Research is due as verificative and descriptive in all branches of PT. Bank Jabar In West Java, and using survey method with simple random sampling technique. By using iterative formula ( = 0,05, = 0,05, and = 0,30) from 661.618 customers population has found 500 sample size after multiply two times. Data collecting technique with interview, questionnaire, and analyzed by using Path Analysis. Research result indicate that external individual environment by customer in using saving service according to customer perception is consideration enough, service delivery saving system performance in customer perception generally can be told good enough and fulfill all customer expectation, for human resource equal to 71,12%, process 68,88% and for physical evident is 70,84%. Customer Value consist of accepted benefit aspect and cost by customer in using saving service. Saving amount based on value level, got that saving value describe that majority saving respondent reside in middle saving level position (saving balance between 7,5 million up to 25 million rupiah) and small saving (savings balance between 1 Million up to. 7,5 million rupiah) From statistic examination result, that the direct and indirect influence from external individual environment and service delivery system performance toward customer saving value is significant, for the influence of external individual environment and service delivery system toward saving amount is significant, and the influence of customer value toward saving amount there is a significant influence. It caused because customer in using service saving expected high benefit especially for service, security, and convenience with giving a lower cost, and the external individual factor environment influence by family factor that become customer major consideration in adding saving amount in bank. Furthermore, bank effort in influence customer for increasing saving amount with giving superior value through increasing service delivery system performance and focus to external individual environment factor from customer.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi