Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengaruh Lingkungan Institusi Pendidikan Tinggi terhadap Strategi Pemasaran dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pemasaran


Pada era globalisasi dan otonomi daerah saat ini, persaingan pada industri jasa pendidikan tinggi swasta di Jakarta dan sekitarnya makin ketat. Pihak ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D1060D1060Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D1060
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pada era globalisasi dan otonomi daerah saat ini, persaingan pada industri jasa pendidikan tinggi swasta di Jakarta dan sekitarnya makin ketat. Pihak manajemen institusi perlu melakukan berbagai antisipasi atas perubahan tersebut melalui penyusunan perencanaan strategi pemasaran yang efektif dan efisien, serta melaksanakannya secara konsisten. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh lingkungan eksternal dan internal dalam penyusunan strategi pemasaran, serta dampaknya terhadap kinerja pemasaran; 2) mengetahui kondisi lingkungan eksternal dan internal, strategi pemasaran, dan kinerja pemasaran; 3) mengetahui perbedaan tanggapan manajemen terhadap kondisi lingkungan eksternal dan internal, kualitas strategi pemasaran dan kinerja pemasaran pada Sekolah Tinggi dan Akademi di lingkungan Kopertis Wilayah III Jakarta yang telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN). Penelitian ini memanfaatkan 124 data institusi dari 128 Sekolah Tinggi dan Akademi yang diambil secara sensus. Data didapatkan dengan menggunakan dua macam kuesioner penelitian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis untuk mendeskripsikan data dibantu dengan menggunakan software SPSS ver. 11.0 sedangkan untuk menguji hubungan-hubungan antar variabel penelitian menggunakan LISREL ver. 8.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat 12 (dua belas) faktor yang dianggap buruk dan mengganggu industri jasa pendidikan tinggi; 2) Pengaruh yang paling besar berdasarkan model penelitian ini adalah pengaruh strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran dibandingkan dengan pengaruh eksternal terhadap strategi pemasaran maupun pengaruh internal terhadap strategi pemasaran yang sangat kecil sehingga dianggap tidak signifikan; 3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara manajemen Sekolah Tinggi dan Akademi mengenai tanggapan mereka pada variabel-variabel penelitian ini, yaitu kondisi eksternal, kondisi internal, strategi pemasaran dan kinerja pemasaran; 4) Untuk memperbaiki kualitas strategi pemasaran, kondisi pada internal institusi lebih dominan untuk ditingkatkan melalui perencanaan yang lebih efektif. Hasil yang spesifik sebagai ciri originalitas penelitian ini ada dua, yaitu: 1) bahwa faktor-faktor kualitas rencana otonomi kampus misalnya MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) dan rencana KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) pada dimensi Strategi Institusi (Portofolio) serta faktor-faktor kinerja BAN dan kinerja Kopertis/Dikti pada dimensi Kebijakan Pemerintah memiliki determinasi yang signifikan. Dengan demikian, model penelitian yang diajukan dapat dipakai; 2) Satuan ukuran tingkat peluang berhasil dapat diterima sebagai satuan ukuran untuk menilai strategi pemasaran.

    In the globalization and regional autonomy era, the competition in the private service industry of higher education have tighter. The management of institutions should anticipate the changes by arranging and planning a marketing strategy effectively, efficiently, and have to implement it consistently. The objectives of this research are: 1) to find out the influences of external and internal factors on marketing strategy and its impact on marketing performance; 2) to find out the condition of all research variables; 3) to find out the differences between Sekolah Tinggi and Akademi about management perception of all research variables of higher education institutions supervision by Kopertis Wilayah III Jakarta, which has been acredited by Badan Akreditasi Nasional (BAN). This research took 124 of 128 private higher education institutions: Sekolah Tinggi and Akademi. The data was taken by using census. Reseacher used two kinds of questionaires which validity and reliabilty has been tested. The SPSS ver. 11.0 computer software is used for descriptive statistics analysis. Relationship among variables analysis is used LISREL ver. 8.3. computer software. The result of this research shows that : 1) There are 12 (twelve) internal and external factors that were considered as low score in higher education services industry; 2) The most impact of the reseach model is marketing strategy toward the marketing performance than the influence of external or internal aspects toward the marketing strategy; 3) There are no significant differences between the management of Sekolah Tinggi and Akademi institutions about their perceptions on external conditions, internal conditions, marketing strategy and marketing performance; 4) Improving the quality of marketing strategy, the internal institution aspect is more dominant to be improved by using better functional strategic planning. The specific result of this original research shows that: 1) the quality of campus outonomy like SBM (School Based Management) planning and CBC (Curriculum Based Competence) planning as factors of Portfolio dimension and BAN performance and KOPERTIS performance as factors of Government Policy dimension have a significance determination. So, the research paradigm can be used. 2) The probability for success as a measurement tool accepted as a measurement in making marketing strategic planning.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi