Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengaruh Orientasi Pasar Dan Human Capital Melalui Kualitas Pelayanan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing


Industri perhotelan di Indonesia tahun 2003 sampai 2014, umumnya mengalami peningkatan pada tingkat hunian kamar. Namun tidak demikian dengan yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4540D4540Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4540
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Industri perhotelan di Indonesia tahun 2003 sampai 2014, umumnya mengalami peningkatan pada tingkat hunian kamar. Namun tidak demikian dengan yang terjadi pada Kota Pekanbaru, dimana mengalami penurunan. Hal tersebut disinyalir rendahnya keunggulan bersaing pada Hotel berbintang di Kota Pekanbaru. Disamping itu human capital yang mengendalikan pelayanan Hotel berbintang juga tidak berjalan baik, dapat terlihat dari dominasi pegawai Hotel berbintang hanya lulusan Sekolah Menengah Atas .
    Menelaah dari fenomena masalah maka tujuan penelitian ini fokus pada kajian mengenai dampak dari orientasi pasar dan human capital pada kualitas pelayanan serta dampaknya pada peraihan keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan metode survey pada tamu Hotel berbintang sebanyak 316 responden. Serta dilakukan analisis jalur melalui pendekatan Structural Equation Modeling. Hasil penelitian ditemukan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan dibutuhkan orientasi pasar dan dukungan dari human capital.
    Disamping itu, kualitas pelayanan juga berdampak pada peraihan keunggulan bersaing. Temuan penelitian ini menyempurnakan penelitian sebelumnya dengan menyajikan model penelitian baru terkait dampak dari orientasi pasar dan human capital pada kualitas pelayanan, serta dampaknya pada peraihan keunggulan bersaing. Penelitian ini bermanfaat bagi industri perhotelan, dimana pentingnya mengutamakan human capital dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan keunggulan bersaing.

    Kata Kunci: Orientasi Pasar, Human Capital, Kualitas Pelayanan, Keunggulan Bersaing.

    ABSTRACT

    In 2003 until 2014, Hotel industry in Indonesia generally gets improvement on the level of room occupancy. But it is not happened in Pekanbaru City, where it gets decreasing. That case assumes the low of competitive advantage on Star Hotel in Pekanbaru City. Besides that, human capital that controls service of Star Hotel is not going well; it seems from domination of Star Hotel’s employee is only general high school graduated. Reviewing from the problem phenomenon, so the aim of this study focuses on review about the impact of market orientation and human capital on service quality and also it impacts on gaining competitive advantage. This study uses survey method on guest of Star Hotel is about 316 respondents. It is also conducted path analysis through Structural Equation Modeling approach. The study result found that to improve service quality is needed market orientation and support from human capital. Besides that, service quality also impacts on gaining competitive advantage. This study result makes perfect the previous study with represents the new research model relates to impact of market orientation and human capital on service quality and also its impact on competitive advantage. This study is useful for Hotel industry where the importance of human capital priority in improving service quality and competitive advantage.

    Keywords : Market Orientation, Human Capital, Service Quality, Competitive Advantage
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi