Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Integrasi Sosial Antara Pedagang Pendatang Dan Lokal


Penanganan pasar khususnya kelompok pedagang lokal dan pendatang merupakan hal yang kurang direspon secara baik, sehingga dapat menimbulkan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4554D4554Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4554
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penanganan pasar khususnya kelompok pedagang lokal dan pendatang merupakan hal yang kurang direspon secara baik, sehingga dapat menimbulkan permasalahan hubungan antara kelompok pedagang pendatang dan lokal. Perbedaan secara ekonomi yang semakin lama semakin mengarah pada polarisasi antara pedagang pendatang dan lokal, dan muncul gejala-gejala sosial yang nampaknya berakar pada kesenjangan sosial itu. Seperti; lapak yang tidak sesuai dengan peruntukan, kepemilikan tempat usaha yang lebih besar dengan komoditas yang beragam, yang memungkinkan kepemilikan kios lebih dari yang lain, bagi kelompok pedagang pendatang, dan sebaliknya muncul sikap dan perilaku menantang untuk respons apapun yang terjadi dari kelompok pedagang lokal. Gejala tersebut menunjukkan adanya kesenjangan, yang tidak saja bersifat tersembunyi (latent), melainkan sudah mulai muncul ke permukaan (manifest). Namun selain gejala-gejala konflik kecil seperti itu, situasi dan kondisi di pasar Pharaa tetap berjalan hingga saat ini, dan tetap ada hal yang mengkhawatirkan, maka penting untuk mengungkapkan kecenderungan-kecenderungan sosial yang dapat mengarah pada integrasi sosial dan konflik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan posisi sosial para kelompok pedagang dengan menggunakan kerangka stratifikasi sosial dalam bidang ekonomi. Dan untuk menggambarkan potensi-potensi integrasi sosial dan konflik. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif untuk memahami situasi dan kondisi pedagang dengan adanya kondisi kesenjangan yang berpotensi konflik. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terjadi sistem stratifiksi sosial antara kelompok pedagang lokal dan pendatang, yang membentuk lapisan atas, menengah, dan bawah, dan dampak yang ditimbulkan ialah kesenjangan sosial. Dan situasi dan kondisi pedagang di pasar ada potensi-potensi konflik, potensi tersebut dapat bersifat laten dan dapat bersifat manifes. Dalam situasi dan kondisi tertentu, kedua kelompok pedagang pendatang dan lokal saling membutuhkan terutama yang menyangkut pemenuhan kebutuhan hidup berkaitan dengan pekerjaan dan komoditas yang beragam.

    Kata kunci: Hubungan Pedagang Pendatang dan Lokal, Stratifikasi Sosial, Kesenjangan Ekonomi, Integrasi Sosial, Pasar Pharaa.

    ABSTRACT

    Market manajement, particularly related to local and migrant traders, has not yet been responded properly, thus possibly bringing about some problems in relations between migrant and local traders. Economic gap increasingly leads to a polarization between migrant and local traders, and there occurs social phenomena rooted in the social gap. E.g., booths (lapak) which are not in conformity with their allocation, ownership of business places with more varied commodities, enabling migrant traders to have larger kiosks than others do, and on the other side, as a response, local traders group shows challenging attitudes and behaviors. The phenomena indicate a gap, which is not just latent but has begun to manifest. However, despite such minor conflict phenomena, the situation and condition at Pharaa market stay going on till now, but there remain some things to concern with. Therefore, it needs to disclose social trends that potentially lead to social integration and conflicts. The objective of the present research was to describe the social position of both trader groups by using a social stratification framework in economy field, and also to describe social and conflict integration potentials. The research method used was qualitative, so as to understand the situation and condition of traders with the emergence of potentially conflict-inducing gap. The research result showed that a social stratification system has occurred between local trader group and migrant trader group, resulting in upper, middle and lower strata, in turn leading to social gap. Moreover, in the current situation and condition of traders at the market there were conflict potentials, both latent and manifest in nature. However, in certain situations and conditions, both local and migrant trader groups were interdependent, especially relating to the fulfillment of life necessities connected to diverse jobs and commodities.

    Keywords: The Relationship of Migrant and Local Traders, Social Stratification, Economic Gap, Social Integration, Pharaa Market.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi