Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

"Evaluasi Kebijakan Transfer Teknologi Di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia"


Penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4612D4612Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4612
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pencapaian tujuan sebuah negara. Pemanfaatan teknologi terutama ditujukan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itulah didirikan lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan agar dapat memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pemanfaatannya.
    Penelitian ini dilakukan karena pemanfaatan teknologi hasil penelitian dari lembaga penelitian pemerintah masih dipertanyakan oleh masyarakat, khususnya oleh industry, sekalipun hasil-hasil penelitian dan pengembangan dari lembaga pemerintah telah banyak dipublikasikan. Dalam penelitian ini difokuskan pada evaluasi kebijakan alih teknologi yang di implementasikan pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Kriteria evaluasi yang digunakan saat ini hanya melihat dari aspek ekonomi, sementara kinerja kebijakan perlu juga melihat dari sisi aspek lainnya. Sehingga kriteria evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 kriteria evaluasi kebijakan Dunn yaitu (efektivitas, efisiensi, kesamaan, kecukupan, responsifitas dan ketepatan). Kriteria Dunn ini dipilih dalam studi ini karena kriteria-kriteria tersebut merupakan kriteria evaluasi yang melihat dari aspek ekonomi dan aspek non ekonomi seperti aspek sosial.
    Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang mengunakan data berbentuk deskripsi hasil wawancara dengan para informan, sedangkan keabsahan data diuji dengan metode triangulasi yaitu hasil data dari wawancara dibandingkan dengan informasi formal yang dikeluarkan institusi dan dibandingkan pula dengan teori yang berkaitan dengan data tersebut.
    Dari hasil penelitian diketahui 6 kriteria tersebut dapat digunakan untuk mengevaluasi program alih teknologi hasil penelitian sebagai kriteria yang mencakup aspek ekonomi, aspek sosial dan kelembagaan. Selain kriteria tersebut, temuan lain dari penelitian ini adalah perlunya kriteria akuntabel dan penghargaan. Kriteria akuntabel berkaitan dengan pengunaan anggaran yang tidak hanya sesuai dengan perencanaan tetapi juga sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sedangkan kriteria penghargaan sebagai bentuk pengakuan akan suatu prestasi yang telah dicapai oleh peneliti sebagai inventor.
    Kata Kunci : Evaluasi Kebijakan, alih teknologi, hasil penelitian dan pengembangan.

    ABSTRACT
    Acquisition and implementation of science and technology in society and state is an integral part of achieving the goal of a country. The use of technology is primarily intended to boost the economy and welfare of the community. For those institutions of research and development was established in order to advance science and technology and its implementation.
    This research was conducted because of the use of technology research results from research institutions the government is still questioned by society, especially by the industry, although the results of research and development of government institutions has been widely publicized. This study focused on evaluating technology transfer policies that are implemented on Indonesian Institute of Sciences. Now, the used evaluation criteria are only seeing from the economic aspect, while the performance of policies should also look from the other aspects. So that the evaluation criteria used in this study is six Dunn policy evaluation criteria, namely (effectiveness, efficiency, equity, adequacy, responsiveness and accuracy). Dunn criteria have been selected for the study because of these criteria is the evaluation criteria that view the economic and non-economic aspects such as social aspects.
    The research was conducted using qualitative methods that data is in the form description from interviews with informants, while data validity was tested with a method of triangulation that the result of data from the interview compared with the information issued formally from institutions and then compared with the theory relating to such data.
    The revealed six criteria can be used to evaluate the technology transfer program of research results as criteria covering economic, social and institutional aspects. In addition to these criteria, other findings from this study is the need for accountable and award criteria. Accountable criteria is relating to the use of the budget that is not only in accordance with the planning but also in accordance with applicable regulations. While the award criteria is as a form of recognition of a feat that has been achieved by researchers as inventors.
    Keyword: Policy Evaluation, transfer technology, research and development results.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi