Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

"Kajian Etnobotani Tanaman Obat Dan Strategi Pengembangan Usaha Jamu Tradisional"


Kajian etnobotani tanaman obat sebagai bahan baku jamu tradisional telah dilakukan. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang dihadapi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    TM542TM542Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    TM542
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kajian etnobotani tanaman obat sebagai bahan baku jamu tradisional telah dilakukan. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang dihadapi pedagang jamu di Kecamatan Sumur Bandung, seperti kurangnya pengetahuan generasi muda mengenai jamu traditional. Dampaknya adalah menurunnya daya beli jamu dikalangan masyarakat. Selain ditemukannya beberapa produk jamu yang mengandung Bahan Obat Kimia (BOK), hal ini juga dipicu dengan adanya perkembangan pengobatan modern baik dari dalam maupun luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengetahuan pedagang jamu mengenai jenis dan bagian tanaman obat yang digunakan, cara mengolah dan manfaat yang diperoleh; mengetahui kandungan senyawa aktif tanaman obat; dan merumuskan strategi pengembangan usaha jamu tradisional di Kecamatan Sumur Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif dimana perumusan strategi pengembangan usaha jamu tradisional menggunakan metode analisis SWOT. Jumlah sampel penelitian sebanyak 27 responden yang merupakan pedagang jamu tradisional di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 24 jenis tanaman obat dari 13 suku/famili yang digunakan sebagai bahan baku jamu tradisional. Pengetahuan pedagang jamu mengenai manfaat jamu sejalan dengan studi literatur mengenai kandungan zat aktif yang terdapat pada tanaman obat yang digunakan. Strategi yang dapat dirumuskan adalah sebagai berikut (1) Adanya peraturan pemerintah yang mendukung jamu tradisional, (2) Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki pedagang untuk pengadaan tanaman obat (bahan baku), (3) Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki pedagang untuk bersaing dengan obat tradisional Cina serta (4) Memiliki metode pemasaran yang baik menghadapi persaingan dengan obat tradisional luar negeri (Cina).

    Kata kunci : Etnobotani, Tanaman Obat, Jamu Tradisional

    ABSTRACT
    Ethnobotany study of medicinal plants as raw materials of traditional herbal medicine has been done. This study is based on the problems faced by herbal traders in District of Sumur Bandung such as lack of knowledge of young generation about traditional herbal medicine. The impact is decreasing of traditional herbal medicine selling. Beside to the discovery of some herbal products containing Chemical Drugs (BOK), this is also triggered by the development of modern medicine which come frome domestic and abroad. This study aims to explore the knowledge of herbal traders on the kinds and organ of medicinal plants, steps of productions and the benefits obtained; review the active substances of medicinal plants; and formulate strategy to develop traditional herbal medicine in the District of Sumur Bandung. The research methods are qualitative and quantitative method which the formulation strategy to development this business using SWOT analysis method. The number of research samples are 27 respondents as herbal traders in the District of Sumur Bandung The results showed that there are as many as 24 kinds of medicinal plants in 13 families used as raw materials of traditional herbal medicine. The knowledge of herbal traders about the benefits of herbal medicine is integrated with the active substances of medicinal plants. The strategies are as follows (1) The existence of Government regulation that supports traditional herbal medicine, (2) Utilizing traders’ knowledge for supplying medicinal plants (raw materials), (3) Utilizing traders’ knowledge for competing as well as traditional Chinese medicine (4) Have a good marketing method to face competition with traditional Chinese medicine.

    Keywords : Ethnobotany, Medicinal Plants, Traditional Herbal Medicine
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi