Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Studi Tentang Program Operasi Danau Jatiluhur Jernih Untuk Mendukung Revitalisasi Waduk Jatiluhur


Seiring dengan menurunnya fungsi dan manfaat Waduk Jatiluhur yang di sebabkan oleh pencemaran pada air waduk maka melalui SK Bupati Purwakarta ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    TM544TM544Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    TM544
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Seiring dengan menurunnya fungsi dan manfaat Waduk Jatiluhur yang di sebabkan oleh pencemaran pada air waduk maka melalui SK Bupati Purwakarta No.523.31.05/ Kep.286-DLH/2017 dibuat suatu program yang diberi nama dengan program Operasi Danau Jatiluhur Jernih. Program ini bertujuan untuk menertibkan sejumlah petak KJA di Waduk Jatiluhur yang menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya kualitas air waduk. Dalam penelitian ini dilakukan analisis mengenai keefektifan program dari tanggal 03 April - 24 Mei 2017 serta dampak yang ditimbulkan secara sosio- ekonomi dari program tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan program Operasi Danau Jatiluhur Jernih memiliki skor rata-rata evektivitas yang cukup dengan perolehan nilai 60,37% artinya program ini berjalan cukup efeketif. Adapun Program Operasi Danau Jatiluhur Jernih sudah mulai berdampak terhadap kondisi sosio-ekononomi diantaranya yaitu, menurunnya tingkat pendapatan petani KJA, sebagian besar petani mulai merasa kesulitan dalam membiayai kebutuhan hidup dan menurunnya produksi ikan di Waduk Jatiluhur.
    Kata Kunci : Program Operasi Danau Jatiluhur Jernih, Jumlah KJA, Kualitas Air, Fungsi Manfaat Waduk, Revitalisasi.

    ABSTRACT
    Along with declined of Jatiluhur Dam’s function and benefit which caused by the pollution in reservoir water, then through Purwakarta Regent Decree No.523.31.05/Kep.286-DLH/2017 was made a program named with Operasi Danau Jatiluhur Jernih. This program had a purpose to curb a number of cageculture in Jatiluhur Dam which was one of the factors that causing decline the water quality of the dam. This study was to analyze the effectiveness of the program started from 03 April 2017 to 24 Mei 2017and the impact of the program to the sosio-economic condition. The methode that used in this study was quantitavie and qualitative. The result showed that Operasi Danau Jatiluhur Jernih Program has a sufficient score, with the value was 60.37%. It meaned that this program quietly effective. Beside that, Operasi Danau Jatiluhur Jernih Program has already impacted to the sosio-economic such as the reduction of the farmer income, almost all the farmers felt a difficulty to fund their daily life and decrease in fish productivity.
    Keywords : Operasi Danau Jatiluhur Program, The number of Cageculture, Water Quality, The function and Benefit of The Dam, Revitalization.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi