Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengaruh Persepsi Konsumen Atas Peran Apoteker Sebelum Dan Saat Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Tingkat Kepuasan Praktik Kefarmasian Di Rumah Sakit Di Bandung


Apoteker memainkan peran penting dalam sistem pelayanan kesehatan, dimana apoteker berinteraksi langsung dengan konsumen dan menyebabkan terbentuknya ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01021151000141Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3214
    Penerbit Fak. Farmasi Unpad : Sumedang.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3214
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    NULL
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Apoteker memainkan peran penting dalam sistem pelayanan kesehatan, dimana apoteker berinteraksi langsung dengan konsumen dan menyebabkan terbentuknya opini dan pandangan terhadap masing-masing peran yang dijalankan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbandingan peran apoteker sebelum dan saat JKN serta pengaruhnya pada tingkat kepuasan praktik kefarmasian. Studi cross-sectional dilakukan, data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk sampel acak kemudian dianalisis dengan Wilcoxon signed rank test untuk membandingkan persepsi konsumen sebelum dan sesudah pelaksanaan JKN dan uji chi square untuk melihat dampak dari peran apoteker terhadap kepuasan konsumen menggunakan software R. Hasil perbandingan persepsi, ada peningkatan persepsi secara positif tentang peran apoteker setelah pelaksanaan JKN (p=5,322x10-6 untuk konsumen eksternal dan 3,065x10-16 untuk konsumen internal). Terdapat pengaruh antara persepsi konsumen atas peran apoteker terhadap kepuasan mereka pada praktik kefarmasian. Konsumen yang memiliki persepsi yang baik tentang peran apoteker memiliki kepuasan yang lebih tinggi pada praktik kefarmasian. Oleh karena itu, setelah pelaksanaan JKN yang memiliki persepsi yang lebih baik tentang peran apoteker, memiliki kepuasan yang lebih tinggi pada praktik kefarmasian.
    Kata Kunci: Jaminan Kesehatan Nasional, Peran Apoteker, Kepuasan Konsumen, Praktik Kefarmasian
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi