Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Studi In Vitro Penghambatan Enzim Siklooksigenase (Cox) Oleh Ekstrak Daun Jawer Kotok (Plectranthus Scutellarioides (L.) R.Br.)


Jawer Kotok (Plectranthus scutellarioides (L.) R. Br.) merupakan salah satu tanaman yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Secara empirik daun ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01021161000043Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3323
    Penerbit Fak. Farmasi Unpad : Sumedang.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3323
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    NULL
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Jawer Kotok (Plectranthus scutellarioides (L.) R. Br.) merupakan salah satu tanaman yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Secara empirik daun jawer kotok digunakan sebagai obat antiinflamasi. Penelitian ini bertujuan memberikan informasi tentang efektivitas penggunaan daun jawer kotok untuk mengurangi inflamasi dengan melihat melihat kekuatan penghambatan enzim siklooksigenase (COX) oleh ekstrak daun jawer kotok. Bahan yang digunakan adalah daun jawer kotok yang berasal dari perkebunan Manoko, Lembang. Metode yang digunakan adalah Colorimetric COX Inhibitor Screening Assay dengan pereaksi TMPD (N,N,N',N'-tetrametil-p-fenilendiamin). Penapisan fitokimia menunjukkan bahwa golongan polifenol, flavonoid, kuinon, dan saponin terdeteksi pada simplisia, ekstrak, dan fraksi. Tiga bercak dan lima bercak terdeteksi pada ekstrak dan fraksi air berturut-turut pada sistem kromatografi lapis tipis dengan fase gerak n-butanol : asam asetat : air (4:1:3) dan lima bercak terdeteksi pada fraksi etil asetat pada sistem kromatografi lapis tipis dengan fase gerak toluena : etil asetat : asam asetat (7:2:1) sebagai fase gerak. Ekstrak daun jawer kotok memiliki aktivitas penghambatan enzim COX-2 lebih besar dibandingkan enzim COX-1.
    Kata kunci : Antiinflamasi, ekstrak, in vitro, jawer kotok, siklooksigenase, Plectranthus scutellarioides (L.) R. Br.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi