Detail Cantuman

Image of Pelatihan Untuk meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Pendampingan Pada Remaja Putri Dengan Intellectual Disabilities Tingkat sedang Usia 10- 13 Tahun Menghadapi menstruasi Pertama

 

Pelatihan Untuk meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Pendampingan Pada Remaja Putri Dengan Intellectual Disabilities Tingkat sedang Usia 10- 13 Tahun Menghadapi menstruasi Pertama


IKA FITRIA. Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai
Pendampingan Pada Remaja Putri dengan Intellectual Disabilities Tingkat

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    0100112070028155.4 fit p/R.19.42Perpustakaan Pusat (REF.19.42)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.4 fit p/R.19.42
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvii, 122 hlm. ; ill. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.4 fit p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • IKA FITRIA. Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai
    Pendampingan Pada Remaja Putri dengan Intellectual Disabilities Tingkat
    Sedang Usia 10 - 13 Tahun Menghadapi Menstruasi Pertama

    Pembimbing: Dra. Hj. Lenny Kendhawati, M.Si. dan Dra. Marisa F.
    Moeliono, M. Pd.

    Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya ibu memiliki pengetahuan
    tentang pendampingan pada remaja putri dengan intellectual disabilities tingkat
    sedang menghadapi menstruasi pertama (menarche). Dalam pendampingan, ibu
    berarti menolong putri mereka berkembang selama periode menstruasinya yaitu
    dengan menanggapi kebutuhan-kebutuhan putrinya saat menghadapi menstruasi
    serta berusaha menumbuhkan diri anak sesuai dengan potensi dengan
    memperhatikan keterbatasan yang dimilikinya. Remaja putri dengan Intellectual
    Ddisabilities tingkat sedang pada umumnya mengalami perubahan fisik dan
    hormon yang hampir sama dengan remaja pada umumnya. Tetapi mereka
    memiliki kapasitas intelektual terbatas untuk memahami perubahan yang terjadi
    pada saat menstruasi dan mengembangkan kemandirian dalam mengurusnya. Oleh
    sebab itu, dibutuhkan seorang pendamping yaitu ibu untuk membantu mereka
    melewati menarche dengan optimal. Agar bisa menjadi pendamping yang optimal
    terdapat 3 unsur utama yang hendaknya dimiliki oleh ibu yaitu memiliki
    pengetahuan, melakukan perubahan irama, dan menunjukkan kesabaran.

    . Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul pelatihan untuk

    meningkatkan pengetahuan ibu mengenai pendampingan pada remaja putri 10 -
    13 tahun dengan Intellectual Disabilities tingkat sedang menghadapi menstruasi
    pertama. Pelatihan ini menggunakan pendekatan adult learning dan mengacu pada
    teori pendampingan dari Mayeroff (1971). Penelitian ini menggunakan
    pendekatan quasi eksperimental,dengan desain one group pre-test = post-test.
    Pengukuran dilakukan dengan memberikan kuesioner mengenai pendampingan
    sebelum dan sesudah pelatihan. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang
    ibu yang memiliki putri usia 10 - 13 tahun, belum menarche, dan mengalami
    Intellectual Disabilities tingkat sedang. Pengujian statistik terhadap pengukuran
    pengetahuan ibu dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank untuk
    sampel kecil dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil Uji statistik menunjukkan
    bahwa nilai Wilcoxon T=O < Critical Value=O,03 yang berarti program pelatihan
    yang dilakukan memberikan pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan ibu
    mengenai pendampingan pada remaja putri dengan Intellectual Disabilities usia
    10 - 13 tahun tingkat sedang menghadapi menstruasi pertama.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi