Pelatihan Untuk meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Pendampingan Pada Remaja Putri Dengan Intellectual Disabilities Tingkat sedang Usia 10- 13 Tahun Menghadapi menstruasi Pertama
IKA FITRIA. Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai
Pendampingan Pada Remaja Putri dengan Intellectual Disabilities Tingkat
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 0100112070028 155.4 fit p/R.19.42 Perpustakaan Pusat (REF.19.42) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 155.4 fit p/R.19.42Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2013 Deskripsi Fisik xvii, 122 hlm. ; ill. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 155.4 fit pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab ika fitria -
IKA FITRIA. Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai
Pendampingan Pada Remaja Putri dengan Intellectual Disabilities Tingkat
Sedang Usia 10 - 13 Tahun Menghadapi Menstruasi Pertama
Pembimbing: Dra. Hj. Lenny Kendhawati, M.Si. dan Dra. Marisa F.
Moeliono, M. Pd.
Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya ibu memiliki pengetahuan
tentang pendampingan pada remaja putri dengan intellectual disabilities tingkat
sedang menghadapi menstruasi pertama (menarche). Dalam pendampingan, ibu
berarti menolong putri mereka berkembang selama periode menstruasinya yaitu
dengan menanggapi kebutuhan-kebutuhan putrinya saat menghadapi menstruasi
serta berusaha menumbuhkan diri anak sesuai dengan potensi dengan
memperhatikan keterbatasan yang dimilikinya. Remaja putri dengan Intellectual
Ddisabilities tingkat sedang pada umumnya mengalami perubahan fisik dan
hormon yang hampir sama dengan remaja pada umumnya. Tetapi mereka
memiliki kapasitas intelektual terbatas untuk memahami perubahan yang terjadi
pada saat menstruasi dan mengembangkan kemandirian dalam mengurusnya. Oleh
sebab itu, dibutuhkan seorang pendamping yaitu ibu untuk membantu mereka
melewati menarche dengan optimal. Agar bisa menjadi pendamping yang optimal
terdapat 3 unsur utama yang hendaknya dimiliki oleh ibu yaitu memiliki
pengetahuan, melakukan perubahan irama, dan menunjukkan kesabaran.
. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul pelatihan untuk
meningkatkan pengetahuan ibu mengenai pendampingan pada remaja putri 10 -
13 tahun dengan Intellectual Disabilities tingkat sedang menghadapi menstruasi
pertama. Pelatihan ini menggunakan pendekatan adult learning dan mengacu pada
teori pendampingan dari Mayeroff (1971). Penelitian ini menggunakan
pendekatan quasi eksperimental,dengan desain one group pre-test = post-test.
Pengukuran dilakukan dengan memberikan kuesioner mengenai pendampingan
sebelum dan sesudah pelatihan. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang
ibu yang memiliki putri usia 10 - 13 tahun, belum menarche, dan mengalami
Intellectual Disabilities tingkat sedang. Pengujian statistik terhadap pengukuran
pengetahuan ibu dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank untuk
sampel kecil dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil Uji statistik menunjukkan
bahwa nilai Wilcoxon T=O < Critical Value=O,03 yang berarti program pelatihan
yang dilakukan memberikan pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan ibu
mengenai pendampingan pada remaja putri dengan Intellectual Disabilities usia
10 - 13 tahun tingkat sedang menghadapi menstruasi pertama. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.