Program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mengucapkan terimakasih pada anak usia 4 tahun melalui metode permainan interaktif terima kasih
Tika Widya Agustia : Program Pelatihan Untuk Meningkatkan Kemampuan
engucapkan Terima Kasih pad a Anak Usia 4 tahun melalui Metode Permainan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 0100114070034 155.4 agu p/R.19.31 Perpustakaan Pusat (REF.19.31) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 155.4 agu p/R.19.31Penerbit Magister Psikologi : Bandung., 2014 Deskripsi Fisik xii, 113 hlm. ; il. ; 29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 155.4 agu pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Tika Widya Agustiana -
Tika Widya Agustia : Program Pelatihan Untuk Meningkatkan Kemampuan
engucapkan Terima Kasih pad a Anak Usia 4 tahun melalui Metode Permainan
Interaktif Terima Kasih
Pembimbing: Dr.Hj.Hendriati Agustiani, M.Si dan Afra Hafny Noer,S.Psi.,M.Sc
Penelitian ini dilakukan at as dasar pentingnya pembelajaran nilai moral yang
merupakan salah satu bagiani dari tugas perkembangan anak, sebagai bekal menuju tahap
perkembangan berikutnya (Santrock, 2001). Menurut Lickona (1991) terdapat dua nilai moral
fundamental harus diajarkan sejak dini pada anak yaitu rasa hormat (respect) dan tanggung
jawab (responsibility). Rasa hormat (respect) berarti menghargai seseorang atau sesuatu dan
bagian penting dari moral yang harus dimiliki oleh setiap individu (Lickona, 1991).
Salah satu perilaku yang menunjukan rasa hormat pada orang lain yaitu ucapan
''Terima Kasih" saat diberikan kebaikan oleh orang lain. Terima kasih adalah ucapan yang
menunjukan suatu penghargaan terhadap seseorang yang telah melakukan kebaikan kepada
kita. Sehingga anak prasekolah yang belum dapat mengucapkan terima kasih maka, perlu
untuk diajarkan untuk mengucapkan terima kasih saat diberikan kebaikan oleh orang lain.
Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
mengucapkan terima kasih pada anak usia 4 tahun saat diberikan kebaikan oleh orang lain
yang difokuskan pada tiga situasi kebaikan yaitu saat diberi makanan, saat diberi pertolongan
dan saat diberi pujian melalui metode permainan interaktif.
Permainan interaktif yang akan diberikan kepada anak terdiri dari menonton dongeng
digital, bermain peran dan panggung boneka. Materi pelatihan yang disusun berdasarkan teori
moral yang dijelaskan oleh Lickona (1991) dalam mengajarkan nilai moral pada anak,
terdapat dimensi moral yang meliputi moral knowing, moral feeling dan moral action.
Sedangkan prinsip pelatihan berdasarkan pada teori Bandura yakni social learning theory,
yang meliputi adanya attention process, retention process, motor reproduction process dan
reinforcement serta motivational process.
Penelitian program pelatihan meningkatkan kemampuan mengucapkan terima kasih
pada anak usia 4 tahun merupakan penelitian quasi ekspresimen dengan desain one group
pre-test-pos-test. Perbandingan skor antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan
menggunakan model time series, dilakukan tiga kali pengetesan. Alat ukur yang digunakan
adalah alat ukur yang disusun oleh peneliti guna melihat kemampuan mengucapkan terima
kasih anak. Pelatihan mengajarkan anak mengucapkan terima kasih diberikan selama 3 hari
berturut-turut. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang anak berusia 4 tahun yang belum
dapat mengucapkan terima kasih secara langsung tanpa perlu diingatkan.
Uji hipotesa penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank untuk sampel
kecil dengan taraf kepercayaan 95%. Didapatkan hasil perhitungan tes pertama sebelum
mengikuti pelatihan dibandingan dengan tes sesudah mengikuti pelatihan probabilitasnya
dibawah 0,05 yaitu 0,012 dan hasil perhitungan tes kedua dan ketiga sebelum mengikuti
pelatihan dan tes sesudah mengikuti pelatihan didapatkan probabilitas yang juga dibawah
0,05 yaitu O,Ollmaka setelah dilakukan tiga kali pengetesan dapat disimpulkan bahwa HO
ditolak artinya bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Dengan demikian maka program
pelatihan mengajarkan anak mengucapkan terima kasih melalui metode permainan interaktif
terima kasih yang dirancang dapat meningkatkan kemampuan mengucapkan terima kasih
pada anak usia 4 tahun saat diberikan kebaikan oleh orang lain. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.