Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Internal perusahaan terhadap strategi penetapan tarif, serta implikasinya terhadap kinerja perusahaan pada industri telekomuniksi di indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh lingkungan eksternal dan
internal perusahaan terhadap strategi penetapan tarif perusahaan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001120100158 658 Sur P/R.12.213 Perpustakaan Pusat (REF.12.213) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 658 Sur P/R.12.213Penerbit Program doktor fakultas ekonomi UNPAD : Bandung., 2012 Deskripsi Fisik xx,;303 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658 Sur PTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Suryana Nanang -
Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh lingkungan eksternal dan
internal perusahaan terhadap strategi penetapan tarif perusahaan serta dampaknya
terhadap kinerja perusahaan pada industri telekomunikasi di Indonesia. Survey
dilakukan pada perusahaan penyelenggara jasa -internet atau Internet Services
Provider (ISP).
Dari hasil kajian pustaka dapat diindentifikasi bahwa dimensi lingkungan ekternal
yang berpengaruh, yaitu teknologi, regulasi; kompetisi dan makro ekonomi.
Dimensi lingkungan internal terdiri dari produksi, keuangan, SDM, dan
pemasaran. Dimensi Strategi penetapan tarif ditinjau dari pendekatan dan metode
penentuan tarif serta strategi implementasi. Sedangkan dimensi kinerja perusahaan
diukur berdasarkan kinerja pemasaran dan kinerja keuangan.
Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif dan analisis
verifikatif melalui uji hipotesis dengan menggunakan model Structural Equation
Modeling (SEM) . Sampel yang diteliti sebanyak 103 perusahaan dan pengolahan
data diproses dengan menggunakan software Lisrel 8.70 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Lingkungan eksternal
perusahaan dan lingkungan internal perusahaan merniliki pengaruh yang besar
terhadap terhadap strategi penetapan tarif perusahaan baik secara parsial maupun
simultan, (2) Lingkungan eksternal perusahaan dan lingkungan internal
perusahaan memiliki pengaruh yang besar terhadap terhadap kinerja perusahaan
baik secara parsial maupun simultan dan (3) strategi penetapan tarif memiliki
pengaruh yang besar terhadap kinerja perusahaan,.
Saran dari hasil penelitian ini , (1) kondisi industri yang menjadi objek kajian
perlu menjadi pertimbangan dalam mengukur tingkat signifikansi pengaruh
masing-masing variabel karena lingkungan industri setiap perusahaan berbeda, (2)
Dalam penetapan strategi harga sebaiknya perusahaan mempertimbangkan
beberapa hal seperti segmen pasar, karakteristik produk, harga pasar dan pesaing
serta biaya penyelenggaraannya, (3) dalam penetapan harga selain melihat kondisi
pasar, perusahaan juga harus melihat kemampuan produksi yang dimilikinya
terutama terkait tingkat utilisasi, kemampuan kapasitas serta kemampuan
teknologi produksi. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.