Kinerja Penciptaan Nilai Dan Kerelasian Nasabah Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Serta Implikasinya Pada Ekuitas Nasabah (Suatu Survey Pada Nasabah Tabungan Bnk Jabar Banten Di Wilayah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta)
Pangsa pasar tabungan Bank Jabar Banten dibandingkan dengan
perbanbn Jam Barat maupun perbankan nasional masih -relatif kecil. Mestcipun
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 01001100100229 658.843 3 Kus k/R.12.319 Perpustakaan Pusat (REF.12.319) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 658.843 3 Kus k/R.12.319Penerbit Program doktor fakultas ekonomi UNPAD : Bandung., 2010 Deskripsi Fisik xvi,;247 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658.843 3 Kus kTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Kusnandar Acu -
Pangsa pasar tabungan Bank Jabar Banten dibandingkan dengan
perbanbn Jam Barat maupun perbankan nasional masih -relatif kecil. Mestcipun
prosentasi pertumbuhan jurnlah penabung mengalami peningkatan, namun
prosentasi pertumbuhan jumlah nominal tabungan Bank Jabar Banten menurun •.
Dilain pihak komposisi dana masyarakat Bank Jabar Banten berbeda dengan
komposisi perbankan nasional maupun perbankan Jawa Barat, dimana komposisi
gir.o lebih besar -dibandingkan dengan tabungan. Hal tni .dikat.enakan .adanya
sejumlah dana Pemerintah Daerah yang relatif cukup besar yang disimpan dalam
bentuk giro. Masih kecilnya jurnlah tabungan dibandingkan dengan giro, maupun
masih kecilnya pangsa pasar tabungan serta adanya penurunan prosentasi
pertumbuhan jumlah nominal tabungan pada Bank Jabar Banten cenderung karena
ekuitas nasabah {customer equity) masih relatif kurang baik. Hal ini diduga
karena kurang dibangunnya penciptaan nilai dan kerelasian nasabah yang pada
akhirnya berhubungan erat dengan citra Bank Jabar Banten serta ekuitas nasabah.
Berdasarkan uraian di atas sangat menarik untuk mengetahui pengaruh
penciptaan nilai (value creation) dan kerelasian nasabah (customer relationship)
terhadap citra Bank Jabar Banten, serta implikasinya pada ekuitas nasabah
(customer equity) Bank Jabar Banten Kantor Cabang se-Jawa Barat, Banten dan
DKI Jakarta.
Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif melalui pengumpuJan data
di lapangan, sehingga metode penelitian yang dilakukan yaitu descriptif survey
dan explanatory survey oleh karena itu tipe penyelidikannya adalah kausalitas.
Unit analisnya adalah para nasabah 1abungan Bank Jabar Banten, penga:rmrtan
menggunakan cakupan waktu (time horizon) yang bersifat cross section yang
dilakukan pada tahun 2009.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam upaya meningkatkan citra Bank
Jabar Banten agar mampu meningkatkan ekuitas nasabah, aspek yang dominan
~~ membentuk variabel-variabel tersebut adalah kerelasian nasabah
dimana indikator utama pembentuknya adalah Tangible reward dan Interpersonal
Communication. Sementara aspek yang dominan mempengaruhi ekuitas nasabah
secara langsung adalah kinerja penciptaan nilai dengan indikator pembentuk
utamanya adalaha domain bisnis dan fokus nasabah.Dalam rangka meningkatkan
kinerja penciptaan nilai maka Bank Jabar Banten perlu mempertimbangkan
beberapa ha! yaitu memelihara dan meningkatkan manfaat yang dapat dinikrnati
nasabah dari produk tabungan yang ditawarkan, sehingga menjadikan daya tarik
untuk senantiasa menabung di Bank Jabar Banten.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.