Detail Cantuman

Image of Pengaruh Saluran Pemasaran dan Harga Terhadap Efisiensi Pemasaran Beras Serta Dampaknya Pada Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani di Provinsi Aceh

 

Pengaruh Saluran Pemasaran dan Harga Terhadap Efisiensi Pemasaran Beras Serta Dampaknya Pada Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani di Provinsi Aceh


Penelitian ini bertujuan untuk melahirkan suatu kajian yang mendalam tentang : (1)
Saluran pemasaran, harga, efisiensi pemasaran betas dan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001110100213658.87 Muk p/R.12.327Perpustakaan Pusat (REF.12.327)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658.87 Muk p/R.12.327
    Penerbit Program doktor fakultas ekonomi UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xxiv,;288 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658.87 Muk p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertujuan untuk melahirkan suatu kajian yang mendalam tentang : (1)
    Saluran pemasaran, harga, efisiensi pemasaran betas dan ketahanan pangan rumah
    tangga petani (2) pengaruh saluran pemasaran dan harga terhadap efisiensi pemasaran
    baik secara parsial maupun simultan, (3) pengaruh saluran pemasaran dan harga
    terhadap ketahanan pangan rumah tangga petani, (4) pengaruh efisiensi pemasaran
    beras terhadap ketahanan pengan rumah tangga petani dan 5 Pengaruh saluran
    pemasaran dan harga terhadap ketahanan pangan rumah tangga petani melalui
    efisiensi beras di Provinsi Aceh.

    Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan verifikatif,
    dengan unit analisisnya rumah tangga petani padi di Provinsi Aceh. Dengan
    pertimbangan distribusi sampel dan penggunaan teknik ukuran sampel power
    analysis dipilih 600 sampel mewakili populasi rumah tangga petani padi yang
    tersebar di 6 (enam) kabupaten sentra produksi padil beras. Model yang digunakan
    untuk menganalisis pengaruh adalah structural equation model (SEM).

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran gabah/beras di Provinsi Aceh
    belum efisien. Pembeli dan saluran pemasaran yang dipilih petani dalam persepsi
    petani memiliki kinerja pemasaran yang rendah. Saluran pemasaran gabah/beras
    dinilai petani masih panjang dan mereka kesulitan untuk menembus saluran
    pemasaran yang pendek. Harga gabahlberas didaerah penelitian belum stabil atau
    berfluktuasi dengan disparitas yang tinggi terutama pada masa panen dan paceklik.
    Harga gabah yang diterima petani masih lebih rendah dibandingkan harga beli beras
    konsumen. Pemerintah melakukan intervensi terhadap pemasaran gabah/beras
    melalui kebijakan harga pembelian pemerintah, namun kebijakan tersebut masih
    kurang efektif dalam menjaga kestabilan harga dan pendapatan usahatani. Tingginya
    biaya pemasaran dan keuntungan perantara serta kurang bertransmisinya harga
    merupakan penyebab rendahnya farmer's share, pendapatan dan ketahanan pangan
    rumah tangga petani di Provinsi Aceh. Ketahanan pangan rumah tangga petani masih
    rendah yang terindikasi pada masih rendahnya kemampuan produksi pangan rumah
    tangga, belum terpenuhinya kuantitas dan kualitas konsumsi pangan, dan tingginya
    pangsa pengeluaran rumah tangga petani untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

    Di Provinsi Aceh saluran pemasaran, harga dan efisiensi pemasaran beras baik
    secara secara simultan maupun parsial teruji berpengaruh terhadap ketahanan pangan
    rumah tangga petani. Saluran pemasaran dan harga juga berpengaruh signifikan
    terhadap efisiensi pemasaran beras dan efisiensi pemasaran tersebut memiliki
    pengaruh langsung terhadap ketahanan pangan rumah tangga petani.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi