Detail Cantuman

Image of Representasi Sosok Ayah Dalam Film Searching : Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Sosok Ayah Dalam Film Searching

Skripsi  

Representasi Sosok Ayah Dalam Film Searching : Studi Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Representasi Sosok Ayah Dalam Film Searching


ABSTRAK


Dzikra Regitta Putri. 210110150075. 2019. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E0057704.942 07 DZI rPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1E)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    704.942 07 DZI r
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 122 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    704.942 07 DZI r
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK


    Dzikra Regitta Putri. 210110150075. 2019. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Penelitian yaitu Representasi Sosok Ayah Dalam Film Searching. Pembimbing utama adalah Drs. H. Hadi Suprapto Arifin, M.Si., dan pembimbing pendamping adalah Dra. Hj. Kismiyati El Karimah M.Si.

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) makna denotatif sosok ayah yang direpresentasikan dalam Film Searching, 2) makna konotatif sosok ayah yang direpresentasikan dalam Film Searching, 3) mitos sosok ayah yang direpresentasikan dalam Film Searching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika dari Roland Barthes dengan analisis dua tahap penandaan (denotasi-konotasi). Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi analisis teks serta studi literatur.

    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) makna denotasi yang didapat yaitu sosok ayah dianggap tidak mampu mengerti apa yang sedang dialami maupun dirasakan oleh anak perempuannya, 2) makna konotasi yang didapat ialah adanya ketidakseimbangan dalam menjalankan peran sebagai orangtua tunggal disebuah keluarga akibat hilangnya salah satu anggota keluarganya, 3) mitos yang dilahirkan ialah teladan orangtua tidak melulu didapat atau berasal dari ayah dan ibu sebagai orangtua biologis, melainkan bisa didapat dari sosok orang lain.



    Kata kunci : Representasi, Sosok Ayah, Film Searching, Semiotika

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi