Detail Cantuman

Image of Hubungan Program Reading Time dengan Peningkatan Budaya Membaca Siswa : Studi Korelasi pada Siswa Kelas VIII MTsN Model Pandeglang 1

Disertasi/Tesis/Skripsi  

Hubungan Program Reading Time dengan Peningkatan Budaya Membaca Siswa : Studi Korelasi pada Siswa Kelas VIII MTsN Model Pandeglang 1


ABSTRAK
Ada keprihatinan yang semakin meningkat terhadap aktivitas membaca. Maka dilakukan upaya untuk menumbuhkan budaya ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    KID1514306.488 07 SIT hPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah - Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    306.488 07 SIT h
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 128 hlm. : Ilus. ; 21 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    306.488 07 SIT h
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Ada keprihatinan yang semakin meningkat terhadap aktivitas membaca. Maka dilakukan upaya untuk menumbuhkan budaya membaca,khususnya di dunia pendidikan. Dampak terdekat dari kurangnya budaya membaca pada siswa di Indonesia adalah mereka tidak mampu untuk mengembangkan imajinasi dan memperluas perspektif pemikiran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara program Reading Timedengan peningkatan budaya membaca siswa yang dilaksanakan di MTsN Model Pandeglang 1. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian sebanyak 180 orang siswa kelas VIII MTsN Model Pandeglang 1 yang didapatkan berdasarkanteknik quotasampling,yaitu menentukan sampel dari populasi hingga jumlah yang diinginkan.Pengukuran program Reading Timedidasarkan pada komponen program pendidikan yang disampaikan oleh Arikunto dan Jabar (2009) dan dilakukan modifikasi oleh peneliti, meliputi motivasisiswa, keterlibatan guru, kelengkapan materi, lingkungan sekolah, dan pelaksanaan pengelolaan pada program Reading Time. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing komponen pada program Reading Time memiliki hubungan dengan peningkatan budaya membaca siswa pada tingkat korelasi yang berbeda-beda. Hubungan tinggi didapatkan pada komponen pelaksanaan pengelolaan, hubungan sedang didapatkan pada komponen motivasisiswa, kelengkapan materi, dan lingkungan sekolah, sedangkan hubungan rendah didapatkan pada komponen keterlibatan guru. Secara umum program Reading Timememiliki hubungan dengan peningkatan budaya membaca siswa dengan tingkat korelasi tinggi. artinya, program Reading Timedapat mendorong dan menumbuhkan budaya membaca siswa. Kata Kunci: Budaya membaca, perpustakaan sekolah, pendidikan literasi.
    vABSTRACTThere isincreasing concerns about reading activities. Then, efforts are made to foster a reading culture, especiallyin education. The closest impact from the lack of student's reading culture in Indonesia is that they are unable to develop their imagination or broaden their mind perspective. This study aims to determine the correlation of the Reading Time program with an increasestudent's reading culture carried out in the MTsN Model Pandeglang 1. This study uses a quantitative method with a correlational approach. The research sample was 180 students of class VIII MTsN Model Pandeglang 1 that was obtained based on quota sampling technique, which determined the sample from population to the desired amount. The measurement of the Reading Time program is based on the components of the educational program delivered by Arikunto and Jabar (2009) which modified by researcher, including student motivation, teacher involvement, completeness of material, school environment, and management in the Reading Time program. The results showed that each component in the Reading Time program had a correlation with an increasestudent's reading culture at different levels ofcorrelation. High correlationsare found in the components of the implementation of management, the correlationis being obtained in the components of student motivation, completeness of the materialand school environment, while the low correlationsare found in the component of teacher involvement. In general the Reading Time program has a correlationwithan increasestudent’s reading culture on a high levels correlation. This shows that the Reading Time program can encourage and fosterstudent reading culture.Keywords: Reading culture, school library, literacy education.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi