Text
[SKRIPSI] Hubungan Efektivitas Gaya Kepemimpinan Supervisor Dengan Kualitas Pelayanan Karyawan PT. "X" TBK
ABSTRAK
Supervisor menjadi salah satu faktor penting bagi performa perusahaan, ia
berhubungan secara langsung dengan karyawan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19011020S3355 S3355 Wit h Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri Studi Korelasional tentang Gaya Kepemimpinan Supervisor dan Kualitas Pelayanan Karyawan Bank X di Kantor Unit SumedangNo. Panggil S3355 Wit hPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2020 Deskripsi Fisik xiv., 124 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110160001Klasifikasi S3355 Wit hTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab WITRI FADILAH -
ABSTRAK
Supervisor menjadi salah satu faktor penting bagi performa perusahaan, ia
berhubungan secara langsung dengan karyawan pelaksana. Namun, jumlah
supervisor bank X kantor unit di Kabupaten Sumedang semakin berkurang dan
kantor-kantor ini seringkali mendapat komplain terkait pelayanan karyawan.
Efektivitas gaya kepemimpinan supervisor dipertanyakan dalam peningkatan
kualitas pelayanan bank X kantor unit. Efektivitas gaya kepemimpinan dibahas oleh
Hersey dan Blanchard melalui situational leadership model yang menyebutkan
bahwa efektif tidaknya suatu gaya kepemimpinan tergantung pada kecocokkan
antara gaya kepemimpinan atasan dengan kesiapan karyawan. Penelitian ini
dilakukan untuk mengukur hubungan antara efektivitas gaya kepemimpinan
supervisor dan kualitas pelayanan karyawan bank X kantor unit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimental
dengan metode korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah efektivitas gaya
kepemimpinan supervisor dan kualitas pelayanan karyawan. Pengambilan data
dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh karyawan dari 4 (empat) kantor unit
bank X yang memiliki supervisor. Teknik sampling yang digunakan adalah
proportionate sampling (n=58). Data variabel pertama didapatkan melalui alat ukur
Leadership Effectiveness and Adaptability Description (LEAD)-other dan
Readiness Scale Staff Member oleh Yoshioka (2006). Data variabel kedua didapat
melalui alat ukur Kualitas Pelayanan oleh Rusdianto (2010) dengan metode
SERVQUAL.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara efektivitas gaya kepemimpinan supervisor dan kualitas pelayanan karyawan
bank X. Semakin efektif gaya kepemimpinan supervisor yang dipersepsi oleh
karyawan, maka semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan.
Terdapat hubungan yang cukup kuat antara efektivitas gaya kepemimpinan
supervisor dengan dimensi responsiveness dan hubungan yang lemah dengan empat
dimensi lainnya pada kualitas pelayanan karyawan yaitu empathy, assurance,
tangibles, dan reliability. Sebagian besar karyawan memersepsi supervisor
memiliki fleksibilitas yang cukup luas, melakukan gaya kepemimpinan yang cukup
efektif dengan menunjukkan gaya selling sebagai best style dan gaya participating
sebagai second best style, dan karyawan memersepsi dirinya menampilkan kualitas
pelayanan yang baik.
Kata Kunci : Efektivitas Gaya Kepemimpinan, Supervisor, Kesiapan
Karyawan, Kualitas Pelayanan. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.