Detail Cantuman

Image of Kegiatan Media Trip Mancanegara Oleh Bagian Publikasi Mancanegara Kementerian Pariwisata : Studi Deskriptif Mengenai Kegiatan Media Trip Mancanegara sebagai Kegiatan Media Relations oleh Bagian Publikasi Mancanegara Kementerian Pariwisata

Skripsi  

Kegiatan Media Trip Mancanegara Oleh Bagian Publikasi Mancanegara Kementerian Pariwisata : Studi Deskriptif Mengenai Kegiatan Media Trip Mancanegara sebagai Kegiatan Media Relations oleh Bagian Publikasi Mancanegara Kementerian Pariwisata


ABSTRAK

Media Trip Mancanegara merupakan kegiatan media relations yang dilakukan oleh Bagian Publikasi Mancanegara karena rendahnya ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1B1716658.802 910 2 OKL kPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1B)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658.802 910 2 OKL k
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    vi, 166 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658.802 910 2 OKL k
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Media Trip Mancanegara merupakan kegiatan media relations yang dilakukan oleh Bagian Publikasi Mancanegara karena rendahnya jumlah pemberitaan mengenai destinasi wisata Indonesia di media asing. Sasaran kegiatan Media Trip Mancanegara adalah media asing yang memiliki kode etik, segmentasi berita, standar nilai berita dan aturan yang mengikuti pers negara asal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan kegiatan Media Trip Mancanegara, komunikasi dan pelaksanaan kegiatan Media Trip Mancanegara oleh Bagian Publikasi Mancanegara. Metodelogi yang digunakan adalah kualitatif dengan studi deskriptif.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan Media Trip Mancanegara dimulai dari pemetaan permasalahan, tujuan serta prinsip Media Trip Mancanegara, penentuan media asing penetapan lokasi dan tanggal Media Trip Mancanegara, serta pembuatan itinerary kegiatan. Komunikasi dengan media asing, yaitu media AFP dilakukan dalam jarak 2 minggu sebelum pelaksanaan kegiatan Media Trip Mancanegara. Pelaksanaan Media Trip Mancanegara dilakukan pada tanggal 10-13 September 2018 dengan mengunjungi beberapa lokasi seperti Londa, Ke’te Kesu’, Rambu Solo dan media session dengan Dinas Pariwisata Toraja Utara. Namun salah satu atraksi budaya utama yaitu Ritual Manene gagal diikuti karena kesalahan komunikasi antara Bagian Publikasi Mancanegara dengan pihak tour guide.

    Simpulan dari penelitian ini adalah pada tahap perencanaan Bagian Publikasi Mancanegara belum sepenuhnya menjalankan tujuh garis besar perencanaan press tour. Tenggat waktu komunikasi yang dilakukan oleh Bagian Publikasi Mancanegara dengan pihak media AFP sangat dekat dengan tanggal pelaksanaan sehingga menyulitkan proses komunikasi media AFP yang harus berkoordinasi dengan kantor pusat di Perancis. Pelaksanaan Media Trip Mancanegara belum memenuhi enam strategi pelaksanaan media relations.

    Kata kunci : media relations, Media Trip Mancanegara, Kementerian

    Pariwisata

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi