Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

(SKRIPSI) STUDI KORELASI MENGENAI PEER SUPPORT DAN ENGAGEMENT PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII DAN IX DI MTS AL-FALAH JATINANGOR TAHUN AJARAN 2020/2021


"ABSTRAK
Engagement merupakan hal penting untuk menjelaskan apa yang terjadi pada seorang siswa terutama di lingkungan kelasnya. Self ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3378S3378 Has sPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3378 Has s
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xvii., 154 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110140124
    Klasifikasi
    S3378 Has s
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Engagement merupakan hal penting untuk menjelaskan apa yang terjadi pada seorang siswa terutama di lingkungan kelasnya. Self determination theory menjelaskan bahwa engagement dipengaruhi oleh interaksi individu dan lingkungannya. Salah satu konteks sosial yang memengaruhi hal tersebut ialah teman sebaya. Teman sebaya memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan siswa dikarenakan terjadi peningkatan hubungan antar teman sebaya. Dukungan dari teman sebaya seharusnya membantu persepsi diri siswa, serta memperkuat engagement mereka, khususnya selama belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peer support dan engagement pelajaran matematika pada siswa kelas VIII dan IX di MTs Al-Falah.
    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan nonexperimental-correlational. Subjek penelitian ini adalah 41 remaja awal yang berusia 12-15 tahun, siswa MTs Al-Falah, serta mengikuti kegiatan belajar mengajar matematika di kelas. Peer support diukur dengan menggunakan alat ukur Classroom Life Measure (8 item). Engagement diukur dengan menggunakan alat ukur Engagement vs Disaffection (25 item). Alat ukur ini diberikan kepada subjek dalam bentuk kuesioner cetak serta dilaksanakan di Pondok Pesantren Yayasan Al-Falah.
    Hasil penelitian secara keseluruhan tidak adanya hubungan yang signifikan antara 2 dimensi peer support yaitu student emotional support dan student academic support dengan 4 dimensi engagement yaitu behavioral engagement, emotional engagement, behavioral disaffection, dan emotional disaffection. Hal ini berarti tingginya dukungan teman di kelas tidak berkaitan dengan 4 dimensi engagement. Hanya terdapat satu hubungan signifikan yang positif yaitu antara student emotional support dan emotional engagement. Hal ini berarti semakin tinggi dukungan yang diberikan secara emosional, maka semakin tinggi emotional engagement siswa. Koefisien korelasi antara student emotional support dengan emotional engagement menunjukkan hubungan yang tergolong moderate.
    Kata kunci : engagement, disaffection, peer support, kelas, remaja awal, belajar"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi