Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

(SKRIPSI) HUBUNGAN ANTARA GAYA KOGNITIF DAN RELIGIUSITAS PADA MUSLIM


"ABSTRAK
Penelitian tentang korelasi antara gaya kognitif dan religiusitas lebih banyak dilakukan di Negara Barat dengan responden non-Islam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012020S3382S3382 Dwi hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3382 Dwi h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiii., 115 hlm.: ill,; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110160049
    Klasifikasi
    S3382 Dwi h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Penelitian tentang korelasi antara gaya kognitif dan religiusitas lebih banyak dilakukan di Negara Barat dengan responden non-Islam dan ditemukan korelasi negatif yang signifikan. Namun hasil ini menuai kontroversi tentang urutan pengukuran yang memengaruhi arah dan signifikansi korelasi serta terdapat kemungkinan korelasi positif. Selain itu, hasil ini bertentangan dengan anjuran agama Islam untuk memfungsikan akal pikiran dan melakukan refleksi dalam beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki adanya korelasi antara gaya kognitif dan religiusitas pada Muslim di Indonesia. Digunakan sudut pandang gaya kognitif sebagai kecenderungan menggunakan proses kognitif tipe 2 yang bervariasi secara kontinum dan sudut pandang religiusitas dalam agama Islam.
    Dilakukan penelitian korelasional pada 154 responden Muslim berusia 20-25 tahun yang diperoleh menggunakan teknik convenience sampling. Administrasi alat ukur dilakukan secara acak dan melalui media daring. Alat ukur Cognitive Reflection Test (Taswin & Yudiana, 2018) digunakan untuk mengukur variabel gaya kognitif, sedangkan pengukuran religiusitas menggunakan Psychological Measurement of Islamic Religiousness (Larasati, 2018). Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara gaya kognitif dan religiusitas pada dimensi Islamic religious practice, Islamic ethical conduct do, positive religious coping, religious identification, dan religious conversion. Temuan ini didukung oleh korelasi positif antara gaya kognitif dan religious struggle. Tidak ditemui korelasi yang signifikan antara gaya kognitif dan dimensi religious belief serta Islamic conduct don‟t. Bagaimana pun, besaran ukuran efek korelasi antara gaya kognitif dan dimensi-dimensi religiusitas ini berada pada kriteria kecil.
    Kata Kunci: Gaya Kognitif, Religiusitas, Muslim"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi