Detail Cantuman

Image of PEMBAGIAN KERJA MIGRAN (Studi Tentang Perubahan Pembagian Kerja Pada Migran Dani Di Kelurahan Sentani Kota Distrik Sentani Kabupaten Jayapura)

 

PEMBAGIAN KERJA MIGRAN (Studi Tentang Perubahan Pembagian Kerja Pada Migran Dani Di Kelurahan Sentani Kota Distrik Sentani Kabupaten Jayapura)


Penelitian ini mengkaji tentang perubahan pembagian kerja berkaitan dengan migrasi orang Dani ke Sentani Jayapura. Dengan tujuan melihat perubahan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001140100012301 Sal p/17.36Perpustakaan Pusat (REF.17.36)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 Sal p/17.36
    Penerbit Program Pasca Sarjana : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvii,;214 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 Sal p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini mengkaji tentang perubahan pembagian kerja berkaitan dengan migrasi orang Dani ke Sentani Jayapura. Dengan tujuan melihat perubahan pembagian kerja pada aspek ekonomi dan religi masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan pembagian kerja. Konsep dan teori yang digunakan adalah konsep perubahan sosial, bentuk masyarakat serta pembagian kerja gender didalamnya oleh Sanderson.
    Pendekatan yang digunakan metode kualitatif model deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi, analisis data penelitian dilakukan secara kualitatif
    Hasil penelitian ini menemukan bahwa terjadi perubahan pembagian kerja gender pada migran Dani, dimana sebelum melakukan migrasi pembagian kerja gender masyarakat Dani cenderung patriarkhi baik secara ekonomi maupun religi. Namun setelah melakukan migrasi dari Wamena ke Sentani Jayapura terjadi perubahan pembagian kerja secara ekonomi dan religi terutama pada aspek pertanian, perdagangan, rumah tangga, pendidikan, dan adat perkawinan, serta aspek kepercayaan dan pelaksanaan ritual.
    Faktor yang mempengaruhi perubahan, pertama kontak dengan budaya lain, sebelumnya kehidupan migran Dani cenderung homogen dan berubah menjadi heterogen setelah bermigrasi. Intensitas masyarakat berinteraksi lebih terbuka dengan orang War. Kedua variasi jenis pekerjaan, sebelum bermigrasi aktivitas pekerjaan hanya diseputnr pertanian, ketnudian tnengalami perubahan yang lebih variatif. Ketiga pengaruh teknologi, sebelumnya peralatan yang digunakan subsisten dan setelah bermigrasi berubah menjadi penggunaan peralatan yang lebih maju. Keempat pengaruh ekonomi, sebelum bermigrasi sektor ekonomi lebih clitekankan pada skala yang terbatas dengan produk dagang yang tidak variatif. Setelah bermigrasi tuntutan pasar mendorong migran Dani untuk menyediakan produk yang lebih variatif.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi