Detail Cantuman

Image of Komunikasi Keluarga Antara Ibu dan Anak Dalam Menangani Perilaku Sibling Rivalry : Studi Fenomenologi Komunikasi Keluarga Yang Dilakukan Oleh Ibu Dalam Menangani Perilaku Sibling Rivalry di Kota Bandung

Skripsi  

Komunikasi Keluarga Antara Ibu dan Anak Dalam Menangani Perilaku Sibling Rivalry : Studi Fenomenologi Komunikasi Keluarga Yang Dilakukan Oleh Ibu Dalam Menangani Perilaku Sibling Rivalry di Kota Bandung


ABSTRAK


Lifia Widi Tiara Anggraini, 210110150052, 2019. Program Studi Ilmu Ko munikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E0094158.210 7 LIF kPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1E)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    158.210 7 LIF k
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 57 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    158.210 7 LIF k
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK


    Lifia Widi Tiara Anggraini, 210110150052, 2019. Program Studi Ilmu Ko munikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran Jatinangor. Penelit ian ini berjudul “Ko munikasi Keluarga Antara Ibu Dalam Menangani Perilaku Sibling Rivalry” dengan pembimbing utama Nindi Arist i, S.Sos., M.Comn dan pembimbing pendamping Jimmy Narotama ., S.Sos., M.Si. Program Studi Ilmu Ko munikasi, Fakultas Ilmu Ko munikasi, Universitas Padjajaran.

    Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui ko munikasi keluarga yang dilakukan oleh ibu dalam menangani perilaku sibling rivalry dengan menggunakan verbal dan non verbal. Untuk mengetahui motif t indakan yang ibu lakukan dalam menangani perilaku sibling rivalry. Penelit ian ini menggunakan Teori Interaksi Simbo lik. Metode penelit ian yang digunakan adalah metode penelit ian kualitatif dengan pendekatan feno meno logi. Subjek penelit ian ini adalah ibu-ibu kota Bandung yang memiliki anak lebih dari dua. Teknik pengumpulan data dalam penelit ian menggunakan wawancara mendalam dan studi kepustakaan.

    Hasil penelit ian ini menunjukan bahwa komunikasi verbal dan non verbal dibutuhkan untuk menangani perilaku sibling rivalry. Komunikasi verbal yang dilakukan ibu melalui t iga tahap yaitu the controlling, equalitarian, dan structuring, yang memiliki fungsi penamaan dan interaksi. Ko munikasi non verbal ditemukan dua model pesan yaitu pesan fasial dan pesan gestural. Sibling rivalry dapat dicegah jika orang tua dapat mengko munikasikan dengan anak secara tepat. Motif tindakan yang ibu lakukan memiliki t iga motif yaitu, sebagai pengawas, sebagai penasehat, dan sebagai pemberi kasih sayang.





    Kata Kunci: Sibling Rivalry, Komunikasi Verbal dan Nonverbal, Feno meno logi




  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi