Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN BIMBINGAN BELAJAR ONLINE PADA SISWA SMA PENGGUNA LAYANAN RUANGBELAJAR RUANGGURU DI KOTA PADANG"


"ABSTRAK
Bimbingan belajar online kian diminati dan diminati bagi siswa dan orang tua sebagai konsumen dari penyedia layanan pendidikan, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3410S3410 Div gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3410 Div g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xv., 78 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170009
    Klasifikasi
    S3410 Div g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Bimbingan belajar online kian diminati dan diminati bagi siswa dan orang tua sebagai konsumen dari penyedia layanan pendidikan, terlebih dengan adanya krisis nasional yakni pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa untuk melakukan pembelajaran formal secara daring. Ruangguru merupakan salah satu layanan bimbingan belajar online berbayar yang menawarkan berbagai fitur layanan dengan predikat sebagai bimbingan belajar online terbaik dan terfavorit, serta diklaim sebagai bimbingan belajar online no.1 dan terpopuler di Indonesia. Berbagai umpan balik baik positif maupun negatif disampaikan konsumen terhadap kualitas layanan, salah satunya dari siswa SMA pengguna layanan ruangbelajar di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu gambaran kualitas pelayanan bimbingan belajar online pada siswa SMA pengguna layanan ruangbelajar Ruangguru di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian non-eksperimental kuantitatif dengan pendekatan penelitian dekriptif. Penelitian dilakukan pada 174 orang siswa SMA pengguna layanan ruagnbelajar di Kota Padang dengan teknik pengambilan sampel convenience menggunakan kuisioner online. Kualitas pelayanan elektronik diukur menggunakan alat ukur E-Learning Quality (Udo et. al., 2011) yang diandaptasi ke dalam Bahasa Indonesia dan konteks layanan Ruangguru.
    Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar responden didominasi oleh siswa kelas XII, menilai bahwa kualitas pelayanan elektronik layanan ruangbelajar yang diterima sudah melebihi harapan yang diekspektasikan baik secara keseluruhan maupun untuk setiap dimensi kualitas pelayanan elektronik meliputi assurance, emphaty, reliability, responsiveness, dan web content. Berdasarkan data demografi meliputi jenis kelamin dan lama waktu berlangganan, responden juga menilai bahwa layanan ruangbelajar telah dapat memfasilitasi layanan yang efisien dan efektif.
    Kata Kunci : ESQUAL, ruangguru, perilaku konsumen, siswa sekolah menegah atas"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi