Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN ACADEMIC GRIT DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING IN SCHOOL PADA SISWA KELAS 12 DI PESANTREN MODERN X


"ABSTRAK
Siswa kelas 12 yang bersekolah di Pesantren Modern X diharuskan tinggal di asrama dengan berbagai peraturan yang ada, mempersiapkan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3411S3411 Saf hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPADTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3411 Saf h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xv., 133 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170050
    Klasifikasi
    S3411 Saf h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Siswa kelas 12 yang bersekolah di Pesantren Modern X diharuskan tinggal di asrama dengan berbagai peraturan yang ada, mempersiapkan serangkaian ujian akhir dan seleksi perguruan tinggi. Mereka juga sedang berada pada masa perkembangan remaja akhir yang cukup kritis karena banyaknya perubahan dan tuntutan. Dalam hal ini, menurut beberapa penelitian grit dapat menunjang siswa untuk bertahan dalam kondisi tersebut serta menjaga well-being siswa tetap baik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic grit dan subjectibve well-being in school serta hubungan dengan setiap dimensinya.
    Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental kuantitatif, dengan metode korelasi. Penelitian dilakukan pada 97 siswa kelas 12 di Pesantren Modern X dengan teknik pengambilan data convenience sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner online. Data penelitian diperoleh melalui alat ukur Academic Grit Scale (Clark & Malecki, 2019) dan Brief Adolescents’ Subjective Well-being in School Scale (L. Tian, Wang, dkk., 2015). Data diolah menggunakan uji partial correlation.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara academic grit dengan subjective well-being in school pada siswa kelas 12 di Pesantren Modern X dengan kekuatan hubungan yang sedang dan arah hubungan yang positif (r = 0.478; p = 0.000). Kemudian terdapat hubungan signifikan yang positif antara academic grit dengan kedua dimensi subjective well-being in school, yaitu school satisfaction dan affect in school. Ketiga dimensi academic grit juga memiliki hubungan positif yang signifikan dengan subjective well-being in school. Penelitian ini menyatakan academic grit berperan penting bagi subjective well- being in school siswa, khususnya pada remaja akhir.
    Kata kunci: Academic Grit, Subjective Well-being in School, Kelas 12, Pesantren Modern"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi