Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN ACADEMIC GRIT DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING IN SCHOOL PADA SISWA KELAS 12 DI PESANTREN MODERN X
"ABSTRAK
Siswa kelas 12 yang bersekolah di Pesantren Modern X diharuskan tinggal di asrama dengan berbagai peraturan yang ada, mempersiapkan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012021S3411 S3411 Saf h Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3411 Saf hPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2021 Deskripsi Fisik xv., 133 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110170050Klasifikasi S3411 Saf hTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab SAFARIN FITRI AKMAL -
"ABSTRAK
Siswa kelas 12 yang bersekolah di Pesantren Modern X diharuskan tinggal di asrama dengan berbagai peraturan yang ada, mempersiapkan serangkaian ujian akhir dan seleksi perguruan tinggi. Mereka juga sedang berada pada masa perkembangan remaja akhir yang cukup kritis karena banyaknya perubahan dan tuntutan. Dalam hal ini, menurut beberapa penelitian grit dapat menunjang siswa untuk bertahan dalam kondisi tersebut serta menjaga well-being siswa tetap baik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic grit dan subjectibve well-being in school serta hubungan dengan setiap dimensinya.
Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental kuantitatif, dengan metode korelasi. Penelitian dilakukan pada 97 siswa kelas 12 di Pesantren Modern X dengan teknik pengambilan data convenience sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner online. Data penelitian diperoleh melalui alat ukur Academic Grit Scale (Clark & Malecki, 2019) dan Brief Adolescents’ Subjective Well-being in School Scale (L. Tian, Wang, dkk., 2015). Data diolah menggunakan uji partial correlation.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara academic grit dengan subjective well-being in school pada siswa kelas 12 di Pesantren Modern X dengan kekuatan hubungan yang sedang dan arah hubungan yang positif (r = 0.478; p = 0.000). Kemudian terdapat hubungan signifikan yang positif antara academic grit dengan kedua dimensi subjective well-being in school, yaitu school satisfaction dan affect in school. Ketiga dimensi academic grit juga memiliki hubungan positif yang signifikan dengan subjective well-being in school. Penelitian ini menyatakan academic grit berperan penting bagi subjective well- being in school siswa, khususnya pada remaja akhir.
Kata kunci: Academic Grit, Subjective Well-being in School, Kelas 12, Pesantren Modern"
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.