Detail Cantuman

Image of Pemaknaan Prestasi Anak Penyandang Tunawicara Bagi Ibu : Studi Fenomenologi Pemaknaan Prestasi Anak Penyandang Tunawicara bagi Ibu para Siswa di Sekolah Luar Biasa - B Sukapura

Skripsi  

Pemaknaan Prestasi Anak Penyandang Tunawicara Bagi Ibu : Studi Fenomenologi Pemaknaan Prestasi Anak Penyandang Tunawicara bagi Ibu para Siswa di Sekolah Luar Biasa - B Sukapura


ABSTRAK


Windara Harly. 210110150053. 2019. Pemaknaan Prestasi Anak Penyandang Tunawicara bagi Ibu (Studi Fenomenologi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E0102302.222 WIN pPerpustakaan FIKOM UNPAD (K1E-20190102)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.222 WIN p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 85 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.222 WIN p
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK


    Windara Harly. 210110150053. 2019. Pemaknaan Prestasi Anak Penyandang Tunawicara bagi Ibu (Studi Fenomenologi Pemaknaan Prestasi Anak Penyandang Tunawicara bagi Ibu di SLB-B Sukapura). Dr. Hj. Jenny Ratna Suminar, M. Si. Selaku dosen pembimbing utama dan Dr. H. Hadi Suprapto Arifin, M. Si. Selaku dosen pembimbing pendamping. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengalaman komunikasi ibu dari anak penyandang tunawicara berprestasi; 2) motif ibu untuk mendapatkan prestasi anak penyandang tunawicara; dan 3) makna ibu mengenai prestasi anak penyandang tunawicara. Metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada lima informan. Informan dipilih dengan teknik snowball sampling.
    Hasil penelitian menyatakan: 1) pengalaman komunikasi ibu ada dua, yaitu a) positif dan b) negatif. Pengalaman positif ibu yaitu, melakukan diskusi mengenai bakat dan minat anak dengan guru, mendapatkan pujian akan prestasi anak, dan bertemu dengan terapis. Pengalaman negatif yang dimiliki ibu adalah, dipandang rendah oleh keluarga besar dan dipandang rendah oleh lingkungan tetangga. 2) Motif yang
    melatarbelakangi ibu dalam mendapatkan prestasi anak penyandang tunawicara terbagi menjadi dua, yaitu a) motif sebab dan b) motif tujuan. Motif sebab yaitu mendapat dukungan dari keluarga besar dan mendapat perlakuan tidak menyenangkan. Sedangkan motif tujuan yaitu, untuk membuktikan kemampuan anak, agar tidak menjadi bahan hinaan, supaya memiliki masa depan yang lebih baik, dan agar mengetahui bakat dan minat anak. 3) makna prestasi anak penyandang tunawicara bagi ibu ada dua, yaitu a) fisik, dan b) nonfisik. Makna prestasi anak penyandang tunawicara bagi ibu dalam kategori fisik ialah piala dan sertifikat. Sedangkan dalam kategori nonfisik, ialah kemampuan, capaian, harapan, kebanggaan, acuan perubahan positif, dan hadiah terindah.


    Kata kunci: Makna prestasi, ibu, anak tunawicara.





  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi