Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] GAMBARAN WORK-LIFE BALANCE PADA ACCOUNT MANAGER DI DIVISI ENTERPRISE SERVICE PT TELKOM INDONESIA


ABSTRAK
Karyawan di PT Telkom Indonesia yang menjadi frontliners dalam
menghadapi pelanggan korporasi adalah account manager (AM) di ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3435S3435 Ali gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3435 Ali g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xvi., 184 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170157
    Klasifikasi
    S3435 Ali g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Karyawan di PT Telkom Indonesia yang menjadi frontliners dalam
    menghadapi pelanggan korporasi adalah account manager (AM) di Divisi
    Enterprise Service yang tugasnya adalah bertanggung jawab untuk mengatur dan
    mengelola klien korporasi dari awal sampai akhir. Tuntutan pekerjaan yang
    diberikan kepada AM bisa dibilang tinggi. Selain tuntutan pekerjaan, para AM juga
    mempunyai kehidupan pribadi di luar pekerjaan yang juga terdapat berbagai
    tuntutan. Berdasarkan definisi Fisher (2001 dalam Bulger dan Fisher, 2012), worklife
    balance dapat diartikan sebagai sejauh mana seseorang merasa mampu untuk
    memenuhi atau mencapai tuntutan yang dimiliki baik di kehidupan pekerjaan,
    maupun kehidupan pribadinya. Menurut Fisher, Bulger dan Smith (2009), work-life
    balance dapat dilihat dari adanya pengaruh yang positif, yaitu dalam bentuk
    enhancement, dan adanya pengaruh dalam bentuk negatif, yaitu dalam bentuk
    interference di domain work dan life. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
    gambaran work-life balance pada AM di Divisi Enterprise Service PT. Telkom
    Indonesia.
    Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental kuantitatif dengan
    metode deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner
    secara online via Google Forms, alat ukur yang digunakan berjumlah 32 item yang
    merupakan alat ukur yang dikembangkan berdasarkan alat ukur Goestiandi (2018)
    yang didasari konsep Fisher, Bulger, dan Smith (2012). Responden penelitian ini
    merupakan 95 account manager di Divisi Enterprise Service yang didapatkan
    melalui convenience sampling.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas account manager yaitu
    sejumlah 66 orang memiliki work-life balance yang artinya AM tersebut
    mempunyai persepsi mampu untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan yang ada di
    pekerjaan dan kehidupan pribadi karena AM tidak merasa bahwa pekerjaan dan
    kehidupan pribadi saling mengganggu satu sama lain, serta merasa bahwa
    pekerjaan dan kehidupan pribadi saling meningkatkan kualitas satu sama lain.
    Sedangkan, terdapat 29 AM yang memiliki work-life imbalance karena tingginya
    work-life interference dan/atau rendahnya work-life enhancement.
    Kata kunci : Karyawan BUMN, Work-life balance, Work-life interface, Work-life
    interferece, Work-life enhancement
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi