Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN DERAJAT STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN


"ABSTRAK
Minat merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan individu dalam bidang pendidikan. Jika individu mempelajari ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012017S3447S3447 Far hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3447 Far h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv., 84 hlm.: ill.; 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110110093
    Klasifikasi
    S3447 Far h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Minat merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan individu dalam bidang pendidikan. Jika individu mempelajari sesuatu yang tidak sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan, maka akan menimbulkan blocking emosi yang lama kelamaan akan menyebabkan individu tersebut mengalami stres. Teori yang digunakan adalah teori struktur minat, khususnya the spherical model of interest (Tracey, 2002, dalam Silvia 2006) dan teori stres (Lazarus & Folkman, 1984).
    Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan kuantitatif non-eksperimental dengan metode penelitian korelasional. Respoden peneitian ini adalah 88 orang mahasiswa tahun pertama, kedua, dan ketiga (angkatan 2013, 2014, dan 2015) Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Data minat mahasisa diperoleh melalui tes Padjadjaran Interest Inventory (PII), sedangkan data stres diperoleh dari kuesioner stres yang dimodifikasi dari kuesioner peneliian Abie T. Nauval (2004).
    Teknik analisis yang digunakan adalah uji Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat dengan derajat stres pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran dengan nilai Sig (p-value) sebesar 0.760 atau ≥ 0.05. Selain itu juga dilakukan uji K sampel bebas (Kruskal-Wallis Test) dengan hasil yang menunjukkan tidak ada perbedaan antara nilai minat dengan nilai stres. Hal tersebut mungkin disebaban banyak faktor, salah satunya adalah kemampuan mahasiswa untuk menanggulangi stress, seperti dengan mencari dukungan dari significant persons, mengikuti kegiatan non-akademik, dan melakukan rekreasi.
    Kata kunci: minat, derajat stress, mahasiswa."
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi