Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN SCHOOL WELL-BEING DENGAN ACADEMIC ACHIEVEMENT PADA SISWA SMP NEGERI KOTA TASIKMALAYA


"Abstrak

Sekolah merupakan lingkungan sosial yang berpotensi sebagai sarana atau
tempat perkembangan bagi siswanya. Proses ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3477S3477 Nur hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3477 Nur h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xii., 130 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170048
    Klasifikasi
    S3477 Nur h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Abstrak

    Sekolah merupakan lingkungan sosial yang berpotensi sebagai sarana atau
    tempat perkembangan bagi siswanya. Proses pembelajaran yang dilakukan di
    sekolah, diharapkan dapat memberikan suasana belajar yang nyaman dan mampu
    mendorong kemauan siswa untuk belajar secara aktif (Rachmah, 2016).
    Kenyamanan siswa belajar di sekolah sangat penting untuk memaksimalkan proses
    penyerapan materi yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar dalam bidang
    akademik. Menurut studi, proses dan hasil belajar siswa dipengaruhi positif oleh
    kesejahteraan siswa itu sendiri di sekolahnya (Hidayah, Pali, Ramli, & Hanurawan,
    2016). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara school
    well-being dengan academic achievement pada siswa SMP Negeri di Kota
    Tasikmalaya. Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental kuantitatif,
    dengan metode korelasi. Penelitian ini dilakukan pada 200 siswa SMP Negeri di
    Kota Tasikmalaya dengan teknik pengambilan data clustered sampling.
    Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui google form
    secara online. Data penelitian diperoleh melalui alat ukur School Well-Being Model
    Scale (Konu & Rimpela, 2002) dan nilai raport sebagai data sekunder untuk melihat
    Academic Achievement para siswa. Data diolah menggunakan uji Pearson Product
    Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara school
    well-being dan academic achievement pada siswa SMP Negeri di Kota
    Tasikmalaya, dengan kekuatan sedang dan arah hubungannya positif (r=0.426; p=
    0.000). Dilihat dari setiap dimensi school well-being, terdapat hubungan yang
    signifikan dengan academic achievement, dengan korelasi tinggi dan satu dimensi
    (health) sedang. Penelitian ini menyatakan bahwa school well-being memiliki
    peranan penting terhadap academic achievement siswa.

    Kata kunci: School well-being, Academic Achievement, Siswa SMP, Kota
    Tasikmalaya
    "
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi