Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN SCHOOL WELL-BEING DENGAN ACADEMIC ACHIEVEMENT PADA SISWA SMP NEGERI KOTA TASIKMALAYA
"Abstrak
Sekolah merupakan lingkungan sosial yang berpotensi sebagai sarana atau
tempat perkembangan bagi siswanya. Proses ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012021S3477 S3477 Nur h Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3477 Nur hPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2021 Deskripsi Fisik xii., 130 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110170048Klasifikasi S3477 Nur hTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab NURUL ROCHMAH AZIZAH -
"Abstrak
Sekolah merupakan lingkungan sosial yang berpotensi sebagai sarana atau
tempat perkembangan bagi siswanya. Proses pembelajaran yang dilakukan di
sekolah, diharapkan dapat memberikan suasana belajar yang nyaman dan mampu
mendorong kemauan siswa untuk belajar secara aktif (Rachmah, 2016).
Kenyamanan siswa belajar di sekolah sangat penting untuk memaksimalkan proses
penyerapan materi yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar dalam bidang
akademik. Menurut studi, proses dan hasil belajar siswa dipengaruhi positif oleh
kesejahteraan siswa itu sendiri di sekolahnya (Hidayah, Pali, Ramli, & Hanurawan,
2016). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara school
well-being dengan academic achievement pada siswa SMP Negeri di Kota
Tasikmalaya. Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental kuantitatif,
dengan metode korelasi. Penelitian ini dilakukan pada 200 siswa SMP Negeri di
Kota Tasikmalaya dengan teknik pengambilan data clustered sampling.
Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui google form
secara online. Data penelitian diperoleh melalui alat ukur School Well-Being Model
Scale (Konu & Rimpela, 2002) dan nilai raport sebagai data sekunder untuk melihat
Academic Achievement para siswa. Data diolah menggunakan uji Pearson Product
Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara school
well-being dan academic achievement pada siswa SMP Negeri di Kota
Tasikmalaya, dengan kekuatan sedang dan arah hubungannya positif (r=0.426; p=
0.000). Dilihat dari setiap dimensi school well-being, terdapat hubungan yang
signifikan dengan academic achievement, dengan korelasi tinggi dan satu dimensi
(health) sedang. Penelitian ini menyatakan bahwa school well-being memiliki
peranan penting terhadap academic achievement siswa.
Kata kunci: School well-being, Academic Achievement, Siswa SMP, Kota
Tasikmalaya
"
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.