Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN PERAN DAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PENGGUNA AKUN ROLEPLAY K-POP DI TWITTER


"ABSTRAK


Fenomena roleplay pada media sosial Twitter sudah menjadi tren di kalangan
penggemar K-pop. Pengguna akun ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021S3497S3497 Riz hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3497 Riz h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xxi., 99 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170032
    Klasifikasi
    S3497 Riz h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK


    Fenomena roleplay pada media sosial Twitter sudah menjadi tren di kalangan
    penggemar K-pop. Pengguna akun roleplay berkisar pada usia 15-24 tahun dengan
    tujuan menggunakan roleplay untuk menggunakan karakternya dalam membuat
    cerita, mencari teman, hingga komunitas untuk berbagi informasi terkait idolanya,
    bahkan tidak sedikit pengguna roleplay yang sudah bermain peran selama bertahuntahun.

    Jenis media sosial yang digunakan untuk bermain peran yaitu Twitter.
    Penggunaan media sosial khususnya dalam bermain peran memiliki beberapa
    dampak, salah satunya adalah perubahan perilaku dan interaksi sosial akibat
    frekuensi yang cukup lama. Pada usia 18-25 tahun, individu sudah mampu untuk
    melakukan kegiatan interaksi dengan sosialnya seperti menyampaikan pendapat
    dan menerima informasi dengan baik.

    Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara intensitas bermain peran
    dengan keterampilan sosial pada pengguna akun roleplay berusia 18-25 tahun di
    media sosial Twitter. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
    pendekatan non-experimental correlational. Partisipan dalam penelitian ini
    sebanyak 101 orang pengguna akun roleplay K-Pop yang diperoleh dengan
    menggunakan teknik convenience sampling. Intensitas diukur menggunakan
    kuesioner intensitas (5 item) yang disusun oleh peneliti dan keterampilan sosial
    diukur menggunakan Social Skills Inventory (54 item) yang sudah diadaptasi ke
    dalam Bahasa Indonesia. Kedua alat ukur tersebut diberikan dalam bentuk google
    form. Dilakukan uji Spearman’s Rank Correlation untuk melihat korelasi antar
    variabel. Hasil yang didapatkan menunjukkan tidak terdapat hubungan antar kedua
    variabel. Hal ini menunjukkan bahwa intensitas bermain peran tidak berhubungan
    dengan keterampilan sosial para partisipan dalam penelitian ini.

    Kata kunci: intensitas, keterampilan sosial, roleplay. "
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi