Detail Cantuman

Image of pelayanan publik bidang pertanahan: pelayanan sertifikat hak milik pada kantor pertanahan kota Bandar Lampung

 

pelayanan publik bidang pertanahan: pelayanan sertifikat hak milik pada kantor pertanahan kota Bandar Lampung


Penelitian ini di satu pihak dilatarbelakangi oleh peran Pemerintah untuk
memberikan pelayanan pertanahan kepada masyarakat, di lain pihak ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001120100076320 Ros p/R.17.228Perpustakaan Pusat (REF.17.228)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    320 Ros p/R.17.228
    Penerbit Program Pascasarjana Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv,;221 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    320 Ros p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini di satu pihak dilatarbelakangi oleh peran Pemerintah untuk
    memberikan pelayanan pertanahan kepada masyarakat, di lain pihak adalah
    banyaknya kasus sengketa tanah dan keengganan masyarakat untuk mengurus
    sertifikat hak miliknya. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan konsep
    ilmu, yaitu mengelaborasi praktek dan proses pelayanan sertifikat hak milik
    dengan teori-teori pelayanan publik sehingga dihasilkan suatu konsep baru untuk
    pengembangan Ilmu Pemerintahan.

    Metode penelitian melalui pendekatan kualitatif dengan analisis secara .
    deskriptif. Fokus penelitian pada kemampuan pegawai, standar dan prosedur
    pelayanan, daya tanggap, komunikasi pegawai dengan masyarakat, kebijakan
    pengembangan pegawai, komunikasi internal, serta sarana dan prasarana.
    Pengumpulan data melalui teknik pengamatan, wawancara, dan studi
    kepustakaan. Informan berasal dari pegawai kantor pertanahan dan beberapa
    anggota masyarakat yang sedang atau pernah mengurus sertifikat hak milik dari
    berbagai latar belakang sosial.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan sertifikat hak milik pada
    Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung tidak berjalan optimal karena dalam
    memberikan pelayanan pegawai kurang terampil, waktu dan biaya pembuatan
    sertifikat tidak mengacu pada standar dan prosedur, daya tanggap pegawai dalam
    pelayanan bersifat selektivitas, dan adanya hambatan komunikasi dalam
    pelayanan sertifikat hak milik. Selanjutnya pelayanan sertifikat hak milik tidak
    terlepas dari ketatnya pengembangan pegawai,' serta terbatasnya fasilitas
    pelayanan yang merupakan hambatan untuk mencapai pelayanan yang
    optimal.Temuan baru penelitian adalah bahwa dalam pelaksanaan pelayanan
    sertifikat hak milik tidak hanya terlepas dari ketujuh faktor di atas, karena ternyata
    dengan ketujuh faktor tersebut pun pelayanan sertifikat hak milik belum
    memuaskan masyarakat. Faktor utama bagi peningkatan pelayanan sertifikat hak
    milik adalah manusia pelaksana pelayanan, dengan perilaku pegawai yang yang
    bekerja secara ikhlas, sesuai prosedur dan tidak berorientasi pada keuntungan
    pribadi sehingga tercipta optimalisasi dan kepuasan masyarakat atas pelayanan
    sertifikat hak milik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi