Detail Cantuman

Image of Kegiatan Literasi Anak Usia Dini di Perpustakaan Khusus : Studi Kasus Mengenai Kegiatan Literasi Anak Usia Dini di Perpustakalana Bandung

Skripsi  

Kegiatan Literasi Anak Usia Dini di Perpustakaan Khusus : Studi Kasus Mengenai Kegiatan Literasi Anak Usia Dini di Perpustakalana Bandung


ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentangkegiatan literasi anak usia dini di perpustakaan khusus. Tujuan penelitian ini adalah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1D1556027.607 PUG kPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    027.607 PUG k
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 119 hlm. : Ilus. ; 21 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    027.607 PUG k
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Penelitian ini membahas tentangkegiatan literasi anak usia dini di perpustakaan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksaan dan juga pola literasi dari kegiatan literasianak untuk memenuhi kebutuhan informasi anak dan orangtua yang dilakukan oleh Pustakalana Bandung.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kajian model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model The Big 6, yang terdiri dari tahapan merumuskan masalah, strategi penelusuran informasi, lokasi dan akses informasi, pemanfaatan informasi, sintesis, dan evaluasi. Dan juga model klasifikasi tempramen anak, yang terdiri dari easy chid, difficult child, dan slowto warm up child.Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Jumlah narasumber ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pustakalana Bandung sebagai perpustakaan khusus anak memiliki beberapa kegiatan literasi untuk anak dan juga orangtua yang rutin dilakukan secara berkala dan menghasilkan sebuah pola literasi. Pola literasi yang dihasilkan mejurus kepada model The Big 6 dan juga dipengaruhi oleh klasifikasitemperamen anak. Pola literasi yang terbentuk pada kegiatan literasi anak yang dilakukan di Pustakalana Bandung menunjukkan bahwa baik anak-anak dan orangtua maupun Pustakalana itu sendiri sudah melakukan pola literasi seperti model The Big 6. Mereka melakukannya secara teratur mulai dari merumuskan masalah hingga tahap evaluasi. Meskipun tidak terlalu mendalam namun pola yang membentuk anak dalam kegiatan literasi tersebut sudah bisa dibilang cukup optimal.Kata Kunci : Perpustakaan Khusus, Literasi Dini, Kegiatan Literasi Anak.
    ABSTRACTThis study discusses early childhood literacy activities in specialized libraries.The Purpose of this research is to knowthe implementation and literacy pattern of children literacy activities to fulfill the needs of children and parents ' information conducted by Pustakalana Bandung.The Research method used is a qualitative method with a case study approach. The model studyused in the study was model The Big 6, which consisted of formulating issues, information search strategies, location and access to information, utilization of information, synthesis, and evaluation . It is also a child classification model, consisting ofeasy chid, difficult child, and slow to warm up child.Data Collection techniques conducted through observations, interviews, and literature studies. The number of speakers is set using the purposive samplingtechnique.The results showed that Pustakalana Bandung as a special library of children has some literacy activities for children as well as parents who routinely do periodically and produce a pattern of literacy. The pattern of literacy produced to model the Big 6 and also influenced by classification of children's temperament. The literary pattern formed in children's literacy activities performed at Pustakalana Bandung shows that both children and parents and the Pustakalana themselves have been doing literacy patterns like the Big 6 model.They do it regularly from formulating issues to evaluation stages. Although not too profound but the pattern that makes up the child in such literacy activities is arguably quite optimal.Keyword : Special library, Early literacy, Child Literacy Activities
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi