Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN RASA SYUKUR DENGAN PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE PADA REMAJA AKHIR


"ABSTRAK

Belanja online merupakan kegiatan yang diminati masyarakat Indonesia saat ini terutama
kaum remaja. Konsumen terbanyak ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3524S3524 Ind hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3524 Ind h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xii., 110 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110170014
    Klasifikasi
    S3524 Ind h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK

    Belanja online merupakan kegiatan yang diminati masyarakat Indonesia saat ini terutama
    kaum remaja. Konsumen terbanyak diwakili oleh remaja tingkat akhir yaitu pada jenjang sarjana
    dengan kuantitas akses internet tertinggi. Namun, tidak jarang ditemukan perilaku berlebihan yang
    dilakukan mahasiswa dalam berbelanja online atau bisa disebut perilaku konsumtif. Perilaku
    konsumtif merupakan perilaku yang membuat seseorang menjadi lebih mementingkan faktor
    keinginan (want) daripada kebutuhan (need) dan cenderung dikuasai oleh hasrat keduniawian dan
    kesenangan material semata, sehingga membeli barang tanpa pertimbangan rasional atau bukan
    atas dasar kebutuhan (Sumartono, 2002). Fenomena ini muncul karena masyarakat mempunyai
    kecenderungan materialistik (Pulungan & Febrianty, 2018). Salah satu faktor yang diperikirakan
    dapat mengurangi perilaku konsumtif adalah rasa syukur. Beberapa penelitian sebelumnya
    mendapatkan hasil bahwa dengan meningkatkan rasa syukur mampu meningkatkan kepuasan
    hidup dan dapat mengurangi materialistik sebagai pemicu perilaku konsumtif. Tujuan dari
    penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara rasa syukur dengan perilaku konsumtif
    belanja online pada remaja akhir.
    Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan studi korelasi dengan
    melibatkan melibatkan 107 Mahasiswa Psikologi Unpad yang berusia 18-21 tahun dan termasuk
    sebagai konsumen belanja online menggunakan teknik stratified random sample dan disebarkan
    menggunakan google form. Alat ukur yang digunakan yaitu alat ukur rasa syukur (Listiyandini
    dkk., 2015) dan perilaku konsumtif (Panesha, 2015). Analisis data yang digunakan adalah korelasi
    Pearson. Hasil analisa data menunjukkan bahwa rasa syukur berkorelasi negatif terhadap perilaku
    konsumtif. Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
    rasa syukur dengan perilaku konsumtif.
    Kata kunci: rasa syukur, perilaku konsumtif, belanja online, remaja akhir."
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi