Skripsi
PERAN STREET ART PADA PARTISIPASI POLITIK PARA SENIMAN JALANAN
ABSTRAK
Septina Dwi Depari Al-Amin. 210110150013. 2019. Komunikasi Persuasif Orang Tua dengan Anak Penyandang Kanker ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan K1C 0883 920. 030 7 DWI p Perpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Karya Ilmiah K1C) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas Ilmu KomunikasiJudul Seri -No. Panggil 920. 030 7 DWI pPenerbit Fikom Unpad : Bandung., 2013 Deskripsi Fisik xviii, 183 hlm.:ilus.; 21 x 30 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 920. 030 7 DWI pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab - -
ABSTRAK
Septina Dwi Depari Al-Amin. 210110150013. 2019. Komunikasi Persuasif Orang Tua dengan Anak Penyandang Kanker (Studi Fenomenologi Pengalaman Komunikasi Persuasif Orang Tua dengan Anak Penyandang Kanker). Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Ex.Ed. Selaku dosen pembimbing utama dan Drs. H. Hadi Suprapto Arifin, M.Si. Selaku dosen pembimbing pendamping. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Namun, ternyata kanker juga dapat menyerang siapa saja, bahkan anak-anak sekali pun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana orang tua memaknai anaknya yang didiagnosis kanker, mengetahui komunikasi persuasif orang tua dalam upaya pengobatan anaknya, dan mengetahui motif upaya orang tua saat mempersuasif anak dalam upaya pengobatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam serta observasi kepada lima orang informan. Hasil penelitian ini menunjukkan kelima informan memiliki makna yang berbeda ketika anaknya didiagnosis kanker. Makna anak yang didiagnosis kanker bagi orang tua yaitu anak yang spesial dan istimewa, cobaan dan ujian dari Tuhan, takdir dan pembawa perubahan ke arah positif. Adapun komunikasi persuasif orang tua dalam upaya pengobatan anaknya yaitu menggunakan isi pesan dengan memberikan pujian serta meyakinkan anak, selain itu juga menggunakan teknik persuasif yaitu dengan teknik ganjaran (pay-off technique) dan the yes-respons technique. Serta terdapat motif orang tua saat mempersuasif anak dalam upaya pengobatan yaitu dengan motif untuk meyakinkan anak, keinginan untuk sembuh kepada anak dan membuat anak menjadi percaya diri.
Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Kanker Anak, Pesan Verbal
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.