Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] STUDI DESKRIPTIF MENGENAI KOMDISI STRESS PADA STUDENT ATHLETE OLAHRAGA BEREGU


"ABSTRAK
Student athlete menjalani peran sebagai mahasiswa dan atlet di waktu yang bersamaan. Kedua peran yang dijalani masing-masing ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3550S3550 Mai sPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3550 Mai s
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv., 181 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110180061
    Klasifikasi
    S3550 Mai s
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "ABSTRAK
    Student athlete menjalani peran sebagai mahasiswa dan atlet di waktu yang bersamaan. Kedua peran yang dijalani masing-masing memberikan tuntutan dan role expectation tersendiri bagi para student athlete. Penghayatan peran yang dianut sebagai identitas diri student athlete berpengaruh pada patokan dalam memenuhi role expectation dari tiap peran yang dijalani. Dengan tuntutan peran sebagai mahasiswa dan atlet ditambah perubahan yang terjadi akibat pandemi covid-19, student athlete memiliki peluang yang lebih besar untuk menghadapi beragam stresor yang dapat menimbulkan stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi stres, stresor dan bentuk respon stres pada student athlete olahraga beregu.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan fenomenologis dan menggunakan teknik pengambilan sampel, yaitu purposive sampling. Terdapat 8 student athlete yang berpartisipasi pada penelitian ini yang terdiri atas 2 partisipan dari tiap cabang olahraga beregu yaitu basket, futsal, sepakbola dan voli. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan alat ukur stres yang mengacu pada teori stres Lazarus dan Folkman (1984).
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa student athlete menghadapi berbagai stresor dari domain kehidupannya yaitu general life, sport specific dan academic specific yang dinilai secara berbeda-beda oleh setiap student athlete. Student athlete juga mengalami beragam kondisi stres yang dianggap sebagai situasi yang uncontrollable, unpredictable dan overloading. Kondisi stres yang dialami oleh student athlete dapat dikategorikan ke dalam empat bentuk stres akibat peran ganda yang dijalani menurut Blinde & Greendorfer (1992), yaitu role strain, role confiict, value alienation, dan exhaustion. Respon yang ditunjukkan oleh student athlete ketika mengalami stres, saling mempengaruhi kedua peran yang dijalani.

    Kata kunci: Stres, Stresor, Student Athlete
    "
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi