Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] PERAN ACADEMIC SELF-EFFICACY TERHADAP ACADEMIC ADJUSTMENT PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA PROGRAM MBKM FAKULTAS PSIKOLOGI UNPAD


"Mahasiswa tahun pertama seringkali dihadapkan oleh berbagai perubahan,
termasuk salah satunya dari tuntutan akademik. Beberapa tahun terakhir ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3555S3555 Res pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3555 Res p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv., 100 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110180124
    Klasifikasi
    S3555 Res p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Mahasiswa tahun pertama seringkali dihadapkan oleh berbagai perubahan,
    termasuk salah satunya dari tuntutan akademik. Beberapa tahun terakhir Kebijakan
    MBKM mulai direalisasikan oleh seluruh Perguruan Tinggi sehingga mahasiswa
    baru Akan mengalami perubahan yang berbeda dengan mahasiswa kakak
    tingkatnya. Oleh karenanya, penyesuaian diri yang memadai dalam menghadapi
    tuntutan dan kebutuhan akademik diperlukan agar proses pembelajaran tetap dapat
    berjalan dengan optimal. Salah satu aspek yang mendorong pengembangan
    penyesuaian akademik pada mahasiswa adalah keyakinan mereka akan
    kemampuan dalam menghadapi tantangan akademik tersebut. Penelitian ini yang
    bertujuan untuk mengetahui peran academic self-efficacy terhadap academic
    adjustment pada mahasiswa tahun pertama program Merdeka Belajar Kampus
    Merdeka Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Responden merupakan
    mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2021 yang ditentukan dengan secara acak
    dengan proses simple random sampling (N=109). Rancangan penelitian ini
    merupakan penelitian non-eksperimental. Pengukuran menggunakan alat ukur
    penyesuaian akademik yang dikembangkan berdasarkan konsep academic
    adjustment menurut Schneider (1964) dan alat ukur academic adjustment oleh
    Budiman dkk. (2017). Analisis uji korelasi Pearson dan regresi linear berganda
    dilakukan dengan aplikasi IBM SPSS Statistics versi 23. Hasil menunjukan bahwa
    academic self-efficacy secara signifikan berperan terhadap academic adjustment
    pada mahasiswa tahun pertama program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
    Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.

    Kata kunci: academic adjustment, academic-self-efficacy, mahasiswa tahun
    pertama, Merdeka Belajar Kampus Merdeka"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi