Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] PERBEDAAN STUDENT ENGAGEMENT ANTARA METODE PEMBELAJARAN SINKRONUS DENGAN ASINKRONUS PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNPAD


"Selama masa Pandemi COVID-19, banyak lembaga pendidikan tinggi
beralih ke pengajaran daring melibatkan metode pembelajaran sinkronus dan

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3556S3556 Sya pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3556 Sya p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiii., 155 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110180059
    Klasifikasi
    S3556 Sya p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Selama masa Pandemi COVID-19, banyak lembaga pendidikan tinggi
    beralih ke pengajaran daring melibatkan metode pembelajaran sinkronus dan
    asinkronus. Student engagement merupakan hal penting yang perlu diperhatikan
    untuk memperoleh pembelajaran daring yang efektif, namun dalam
    pelaksanaannya, pembelajaran daring dapat menyebabkan rendahnya student
    engagement hingga menyebabkan hilangnya pembelajaran pada mahasiswa.
    Metode pembelajaran dapat menentukan tingkat student engagement pada
    mahasiswa, dimana dalam pembelajaran daring terdapat dua metode yaitu
    sinkronus dan asinkronus. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
    mengetahui perbedaan student engagement antara metode pembelajaran sinkronus
    dan asinkronus dalam pembelajaran daring. Responden dalam penelitian ini adalah
    mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Unpad angkatan 2019 yang sudah menjalani
    mata kuliah Perkembangan Rentang Hidup II tahun ajar 2020/2021 (N=93).
    Responden ditentukan secara acak dengan proses simple random sampling.
    Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan studi komparasi dan
    pengambilan data dilakukan secara daring dengan menggunakan google form. Alat
    ukur yang digunakan adalah Student Engagement Questionnaire (SEQ) oleh Izzah
    (2021) dengan dimensi behavioral, emotional dan cognitive engagement. Analisis
    data yang digunakan adalah uji beda dan hasilnya menunjukkan bahwa adanya
    perbedaan student engagement dari dimensi behavioral, emotional, dan cognitive
    engagement antara metode pembelajaran sinkronus dengan asinkronus pada
    mahasiswa. Dimana student engagement pada mahasiswa lebih tinggi dalam
    metode pembelajaran sinkronus daripada asinkronus, dengan perbedaan pada tiap
    dimensi yang berbeda.
    Kata kunci: student engagement, behavioral engagement, emotional engagement,
    cognitive engagement, metode pembelajaran sinkronus, metode pembelajaran
    asinkronus"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi