Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] PERAN ACADEMIC SELF-EFFICACY TERHADAP KEMATANGAN KARIR PADA SISWA SMA DI JATINANGOR


"Jatinangor ditetapkan sebagai Kawasan Sains dan Teknologi Pusat Jawa Barat. Strategi

ini membuat lapangan pekerjaan lebih terbuka ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3575S3575 Old pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3575 Old p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    iv., 151 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110160110
    Klasifikasi
    S3575 Old p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Jatinangor ditetapkan sebagai Kawasan Sains dan Teknologi Pusat Jawa Barat. Strategi

    ini membuat lapangan pekerjaan lebih terbuka untuk jenis pekerjaan sector non-
    pertanian yang membutuhkan latar belakang pendidikan lebih tinggi. Padahal

    pendidikan terakhir para pencari kerja masih didominasi oleh para lulusan SMA.
    Permasalahan ini membuat siswa SMA di Jatinangor harus mulai merencanakan arah
    karir mereka dengan menentukan jurusan perkuliahan atau bidang pekerjaan yang
    mereka minati. Siswa SMA dapat mengenali minat dan kemampuan diri melalui tugas
    akademik di sekolah. Siswa dapat lebih mudah mengenali kemampuan diri dengan
    terlebih dahulu melihat seberapa besar keyakinannya terhadap kemampuannya.
    Keyakinan siswa bahwa ia dapat berhasil mencapai tingkat yang ditentukan pada tugas

    akademik atau mencapai tujuan akademik tertentu disebut sebagai academic self-
    efficacy. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat peran academic self-
    efficacy terhadap kematangan karir pada siswa SMA di Jatinangor. Penelitian ini

    menggunakan teori academic self-efficacy dari Schunk & Pajares dan teori kematangan
    karir dari Super. Rancangan penelitian ini menggunakan nonexperimental research
    dengan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Pengambilan data dilakukan
    secara online pada 180 siswa SMA di Jatinangor yang ditentukan dengan menggunakan
    teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur MSLQ subscale
    Self-Efficacy for Learning and Performance versi Indonesia untuk mengukur variabel
    academic self-efficacy dan alat ukur kematangan karir. Analisis data dilakukan dengan
    analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan uji asumsi klasik berupa

    uji normalitas serta linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa academic self-
    efficacy berperan signifikan terhadap kematangan karir siswa SMA di Jatinangor,

    terutama pada dimensi memahami kebutuhan dan mencerminkan jati diri.
    Kata Kunci : academic self-efficacy, kematangan karir, siswa SMA, Jatinangor"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi