Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] PERAN SOCIAL COMPARISON TERHADAP SELF-EFFICACY MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN ANGKATAN 2016


"Mahasiswa memerlukan self-efficacy yang tinggi agar dapat berhasil dalam
mengerjakan skripsi. Salah satu faktor yang berperan dalam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012020S3594S3594 Ama pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3594 Ama p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv., 128 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110160068
    Klasifikasi
    S3594 Ama p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Mahasiswa memerlukan self-efficacy yang tinggi agar dapat berhasil dalam
    mengerjakan skripsi. Salah satu faktor yang berperan dalam pembentukan selfefficacy adalah perbandingan diri dengan orang lain, dimana penilaian self-efficacy
    ini akan bervariasi tergantung dari kemampuan orang yang dijadikan target
    perbandingan. Faktor ini kemudian dikaitkan dengan teori social comparison oleh
    Festinger (1954). Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana peran
    upward comparison, horizontal comparison, dan downward comparison terhadap
    self-efficacy mengerjakan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas
    Padjadjaran angkatan 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah
    kuantitatif non-eksperimental dengan metode penelitian korelasional. Responden
    terdiri atas 77 mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2016 yang sedang
    mengerjakan skripsi dan dipilih menggunakan teknik random sampling. Alat ukur
    yang digunakan pada penelitian ini adalah alat ukur self-efficacy mengerjakan
    skripsi yang dikembangkan oleh Sari (2018) dan Academic Social Comparison
    Scale (ASCS) oleh Pulford et al. (2018) yang dimodifikasi peneliti ke dalam
    konteks pengerjaan skripsi. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan
    kuesioner secara online kepada responden penelitian melalui gform. Hasil yang
    diperoleh menunjukkan bahwa social comparison berkontribusi terhadap 36,6%
    variasi nilai self-efficacy mengerjakan skripsi, dengan upward comparison berperan
    signifikan dalam penurunan self-efficacy mengerjakan skripsi, dan horizontal
    comparison berperan signifikan dalam peningkatan self-efficacy mengerjakan
    skripsi. Downward comparison ditemukan tidak berperan signifikan dalam
    peningkatan maupun penurunan self-efficacy responden.
    Kata Kunci: self-efficacy, social comparison, skripsi"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi