Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] STUDI KOMPARASI INTERPERSONAL COMPETENCEDANSUBJECTIVE WELL-BEING IN SCHOOL ANTARA SISWA PEREMPUANSMA SINGLE-SEX DAN SMA COEDUCATIONAL Studi Komparasi Pada Siswa Perempuan yang Bersekolah di SMAIT Xdan SMAY


"Sekolah single-sex saat ini semakin banyak ditemukan di Indonesia. Banyak hal yangditemukan berbeda antara sekolah single-sex dan sekolah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3611S3611 Ari sPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3611 Ari s
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xv., 151 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110160059
    Klasifikasi
    S3611 Ari s
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Sekolah single-sex saat ini semakin banyak ditemukan di Indonesia. Banyak hal yangditemukan berbeda antara sekolah single-sex dan sekolah coeducational, salahsatunya ialah iklim sekolah. Sekolah single-sex memberikan lingkungan belajar yanglebih kondusif, lebih mudah untuk berkonsentrasi, dan lebih efisien. Sedangkansekolah coeducational dirasa lebih membahagiakan dan lebih baik dalamadjustment
    to life bagi siswanya. Perbedaan karakteristik iklim sekolah ini dapat mengakibatkanmunculnya perbedaan interpersonal competence siswa yang kemudian akan membuat
    perbedaan pada subjective well-being in school siswa. Penelitian ini dilakukan untukmengetahui perbedaan interpersonal competence dan subjective well-being in school
    pada siswa perempuan SMAIT X sebagai sekolah single-sex dan SMAYsebagai
    sekolah coeducational. Rancangan penelitian ini menggunakan studi deskriptif
    komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini adalah 38 siswaperempuan SMAIT X dan 74 siswa perempuan SMA Y. Teknik pengambilan sampel
    yang digunakan adalah probability sampling yaitu stratified sampling. Alat ukur yangdigunakan dalam penelitian ini adalah Kuisioner Kompetensi Interpersonal yangdikontruksikan oleh Rahmani (2012) dan Brief Adolescents’ Subjective Well-BeinginSchool Scale (Tian et.al, 2014) yang sudah diadaptasi oleh Wijayanti (2020). Teknikanalisis yang digunakan adalah uji Independent Sample T-test dan uji Mann-Whitney. Penelitian ini mendapatkan hasil temuan bahwa tidak terdapat perbedaan yangsignifikan pada interpersonal competence dan subjective well-being in school antarasiswa perempuan SMA single-sex dan SMA coeducational. Demikian pula padadimensi-dimensi di dalam interpersonal competence dan subjective well-beinginschool, tidak ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara siswa perempuanSMA single-sex dan SMA coeducational. Akan tetapi, nilai rata-rata tiap sekolahmenunjukkan bahwa siswa perempuan SMA Coeducational memiliki interpersonal
    competence yang lebih tinggi dan siswa perempuan SMA Single-sex memiliki
    subjective well-being in school yang lebih. Kata kunci: interpersonal competence, subjective well-being in school, sekolahsingle-sex, sekolah coeducational, siswa perempuan"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi