Text
[SKRIPSI] GAMBARAN COLLEGE ADJUSTMENT PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA YANG MENJALANI PEMBELAJARAN JARAK JAUH
"Mahasiswa yang baru masuk ke perguruan tinggi akan menghadapi berbagai
tuntutan baru. Mahasiswa perlu untuk menyesuaikan diri agar dapat ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012021S3613 S3613 Iva g Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3613 Iva gPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2021 Deskripsi Fisik xii., 105 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110170106Klasifikasi S3613 Iva gTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab IVAN LIGAN AMIJAYA -
"Mahasiswa yang baru masuk ke perguruan tinggi akan menghadapi berbagai
tuntutan baru. Mahasiswa perlu untuk menyesuaikan diri agar dapat berkuliah
secara optimal. Pada tahun 2020 terjadi Pandemi Covid-19 sehingga mahasiswa
angkatan 2020 diharuskan menjalani tahun pertamanya dengan pembelajaran jarak
jauh secara daring. Pembelajaran jarak jauh merupakan hal yang baru bagi
perguruan tinggi dan mahasiswa sehingga memberi tantangan yang berbeda dari
biasanya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan college adjustment pada
mahasiswa tahun pertama Universitas Padjadjaran yang menjalani pembelajaran
jarak jauh.
Rancangan penelitian ini adalah non-eksperimental kuantitatif dengan
menggunakan metode studi deskriptif. Penelitian ini melibatkan 344 mahasiswa
tahun pertama Universitas Padjadjaran. Alat ukur yang digunakan adalah The
Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) yang telah diadaptasi oleh
Fitriana (2013) dan disesuaikan dengan kondisi pembelajaran jarak jauh. Teknik
sampling yang digunakan adalah quota sampling. Pengambilan data dilakukan
dengan menggunakan kuesioner online yang dibagikan melalui aplikasi LINE.
Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar responden (74.1%)
memiliki college adjustment yang tinggi. Sebagian besar responden memiliki
academic adjustment, social adjustment, dan institutional attachment yang tinggi
namun memiliki personal-emotional adjustment yang rendah. Penelitian ini juga
menemukan beberapa faktor pendukung college adjustment, yaitu karakteristik
demografi, fasilitas penunjang, pengalaman di perkuliahan, pengajar, dukungan
sosial, dan traits.
Kata kunci: penyesuaian ke perguruan tinggi, pembelajaran jarak jauh,
pembelajaran daring, Pandemi Covid-19"
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.