Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] PERAN EFIKASI DIRI DAN PASSION UNTUK MENGAJAR DALAM MEMPREDIKSI KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF GURU SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19)


"Penerapan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 ini memunculkan
berbagai permasalahan yang berdampak pada kondisi guru, seperti ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042022T0775T0775 Noo pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0775 Noo p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    x., 152 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420180001
    Klasifikasi
    T0775 Noo p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    NOORFAZLY OKTAVIANI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Penerapan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 ini memunculkan
    berbagai permasalahan yang berdampak pada kondisi guru, seperti kebingungan,
    tidak puas, stres, tertekan dan kehilangan motivasi kerja yang mencerminkan
    kesejahteraan subjektif guru. Pada penelitian sebelumnya ditemukan bahwa
    kepuasan kerja, afek positif dan efikasi diri berhubungan dengan passion untuk
    mengajar (Moè, 2016). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan efikasi
    diri guru dan passion untuk mengajar dalam memprediksi kesejahteraan subjektif
    guru SD yang menerapkan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19, baik
    secara keseluruhan maupun secara spesifik pada setiap dimensi efikasi diri guru dan
    jenis passion untuk mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif
    yang dilakukan secara cross-sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah
    cluster random sampling. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 387 guru SD
    yang terdiri dari 16 sekolah di Kota Bandung. Pengambilan data dilakukan secara
    online menggunakan empat alat ukur yaitu Teaching Satisfaction Scale (TSS),
    Positive Affect Negative Affect Schedule (PANAS), Teacher’s Sense of Efficacy
    Scale (TSES), dan The Passion Scale-Adapted for Teachers (TPC). Seluruh
    partisipan memberikan pernyataan persetujuan pada halaman informed-consent
    sebelum mengisi kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika
    deskriptif dan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan,
    efikasi diri guru dan passion untuk mengajar keduanya berperan positif dalam
    memprediksi kesejahteraan subjektif guru SD di masa pandemi COVID-19. Pada
    hasil yang lebih spesifik, efikasi diri guru dimensi strategi pembelajaran dan
    passion untuk mengajar jenis harmonious passion berperan positif dalam
    memprediksi kesejahteraan subjektif guru SD di masa pandemi COVID-19. Hal
    tersebut menunjukkan bahwa semakin guru memiliki keyakinan terhadap
    kemampuan dirinya dalam menyampaikan materi pembelajaran, menggunakan
    strategi dan metode evaluasi yang beragam, juga pekerjaannya sebagai guru dapat
    berinteraksi secara harmonis dengan aktivitas kehidupan lainnya, di bawah kendali
    dirinya dan memperoleh hasil positif selama dan setelah terlibat dalam kegiatan
    mengajar, maka akan meningkatkan kepuasan guru terhadap pekerjaannya dan guru
    akan lebih sering merasakan emosi yang positif, dengan kata lain guru mencapai
    kesejahteraan subjektif. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti
    selanjutnya untuk melakukan penelitian pada guru di jenjang lainnya serta dapat
    menjadi dasar penelitian intervensi dalam meningkatkan kesejahteraan subjektif
    guru SD melalui peningkatan efikasi diri guru dimensi strategi pembelajaran dan
    passion untuk mengajar jenis harmonious passion.
    Kata Kunci: efikasi diri, guru, kesejahteraan subjektif, passion untuk mengajar,
    sekolah dasar."
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi