Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] ADAPTASI KULTURAL SURFACE STRUCTURE MATERIAL UNIT 4: HANDLING COMPETITIVE PLAY (Adaptasi Kultural Modul Social and Emotional Skill Training for Children: The Fast Track Friendship Group untuk Anak Usia 5-8 Tahun di Indonesia)


"Group Program dirancang oleh Prof. Karen L. Bierman untuk mengatasi permasalahan sosial emosional pada anak di Amerika dan Kanada. Anak di Indonesia ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042022T0776T0776 Joa aPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (-)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0776 Joa a
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xii., 157 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420190019
    Klasifikasi
    T0776 Joa a
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TESIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Group Program dirancang oleh Prof. Karen L. Bierman untuk mengatasi permasalahan sosial emosional pada anak di Amerika dan Kanada. Anak di Indonesia memerlukan program yang dapat meningkatkan kemampuan sosial dan emosional yang dibutuhkan dalam permainan kompetitif. Unit 4: Handling Competitive Play pada Friendship Group Program mengajarkan kemampuan sosial dan emosional yang dibutuhkan dalam permainan kompetitif. Namun, program ini merupakan program yang dikembangkan di Amerika dan Kanada sehingga memerlukan adaptasi agar dapat digunakan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh material Unit 4: Handling Competitive Play dari Modul Social and Emotional Skill Training for Children: The Fast Track Friendship Group dalam Bahasa Indonesia yang sesuai dengan budaya anak usia 5-8 tahun di Indonesia. Adaptasi ini menggunakan kerangka kerja dari Barrera yang terdiri dari 4 tahap yaitu information gathering, preliminary adaptation design, preliminary adaptation test, dan adaptation refinement. Penelitian ini melibatkan 2 orang guru, 4 orang expert reviewer bahasa, 2 expert reviewer psikolog, 1 expert reviewer sosiolog, dan 5 orang anak usia 5-8 tahun. Berdasarkan proses adaptasi kultural, dilakukan perubahan terkait dengan penggunaan bahasa, kalimat, gambar, permainan, dan istilah permainan pada modul ini. Penggunaan bahasa, permainan, dan istilah permainan dilakukan karena tidak sesuai dengan general knowledge anak, sedangkan perubahan kalimat dan gambar dilakukan karena tidak sesuai dengan perkembangan bahasa dan kognitif anak. Setelah melakukan proses adaptasi kultural, didapatkan hasil berupa draft akhir material Unit 4: Handling Competitive Play dalam Bahasa Indonesia yang telah sesuai dengan budaya dan dapat dipahami oleh anak usia 5-8 tahun di Indonesia.
    Kata kunci: kemampuan sosial emosional, The Fast Track Friendship Group Program, adaptasi kultural."
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi