Text
[SKRIPSI] GAMBARAN DUKUNGAN SOSIAL PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN YANG MENGAMBIL MATA KULIAH
Skripsi diartikan sebagai karangan ilmiah yang diwajibkan sebagai bagian dari
persyaratan Pendidikan. Skripsi merupakan pekerjaan mandiri yang ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012022S3633 S3633 Ich g Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3633 Ich gPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2021 Deskripsi Fisik xiv., 69 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110140058Klasifikasi S3633 Ich gTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab M.I. ICHSANDRI IHSAN -
Skripsi diartikan sebagai karangan ilmiah yang diwajibkan sebagai bagian dari
persyaratan Pendidikan. Skripsi merupakan pekerjaan mandiri yang memerlukan
kemampuan self-management untuk mengelola pekerjaan secara mandiri, dalam
menyelesaikan skripsi juga membutuhkan lebih banyak tenaga dan waktu dibanding
tugas akademik lainnya. Agar dapat bekerja secara mandiri, maka diperlukan
kemampuan pengelolaan diri dan juga dukungan sosial. Dalam proses pengerjaan
skripsi mahasiswa akan mendapatkan banyak dukungan dari lingkungan, dukungan
sosial sendiri merupakan suatu bentuk umpan balik interpersonal yang melibatkan
perasaan, penghargaan, bantuan fisik dan mental serta informasi yang dibutuhkan.
Akan tetapi pemaknaan dukungan sosial berbeda-beda, sehingga ada dukungan yang
dinilai positif dan ada juga yang dinilai negatif. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan
untuk melihat dukungan sosial yang dimaknakan positif bagi mahasiswa yang
mengambil skripsi.
Metode yang digunakan adalah studi deskriptif yang melibatkan 73 mahasiswa
Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran melalui convenience sampling. Data
dikumpulkan menggunakan kuisioner Social Provision Scale yang disebar secara
online dan hasilnya diolah menggunakan analisis deskriptif. Reliabilitas alat ukur dapat
diandalkan dengan α = 0,833 untuk dukungan sosial orang tua, α = 0,862 untuk
dukungan sosial teman dan α = 0,886 untuk dukungan sosial dosen pembimbing dan
validitas melalui construct validity dengan Confirmatory Factor Analysis menggunakan
aplikasi LISREL.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Untuk ketiga dimensi dukungan
sosial yang diukur berada pada kategorisasi sedang atau tidak terlalu mempengaruhi
responden. Untuk dukungan sosial orang tua dimensi Guidance dan Opportunity for
Nurturance menjadi dukungan sosial yang paling dimaknakan positif, untuk dukungan
sosial teman dimensi Guidance menjadi dukungan sosial yang dimaknakan paling
positif dan untuk dukungan sosial dosen pembimbing dimensi Social Integration
menjadi dimensi yang paling dimaknakan positif.
Kata Kunci: Mahasiswa, Dukungan Sosial, Skripsi -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.