Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] PERBANDINGAN PARENTING STRESS IBU DALAM PENDAMPINGAN PJJ PADA ANAK SD KELAS 1-3 DAN KELAS 4-6


Pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat orang tua khususnya ibu diharapkan
mampu mendampingi proses pembelajaran anak yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3653S3653 Cut PPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3653 Cut P
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xv., 137 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110180109
    Klasifikasi
    S3653 Cut P
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat orang tua khususnya ibu diharapkan
    mampu mendampingi proses pembelajaran anak yang dilaksanakan secara daring di rumah.
    Pemenuhan tugas pengasuhan anak selama masa pandemi COVID-19 dapat meningkatkan tingkat
    parenting stress yang dirasakan oleh ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan
    parenting stress antara ibu yang memiliki anak SD kelas 1-3 dengan ibu yang memiliki anak SD
    kelas 4-6. Rancangan penelitian ini yaitu kuantitatif non-eksperimental. Pengumpulan data
    penelitian menggunakan teknik survei. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak
    SD, kelas 1 sampai kelas 6. Pengambilan sampel melalui convenience non probability sampling
    dengan responden sebanyak 398 orang yang terdiri dari ibu yang memiliki anak SD kelas 1-3
    sebanyak 229 orang dan ibu yang memiliki anak SD kelas 4-6 sebanyak 169 orang. Alat ukur
    parenting stress Ibu Menemani Anak selama PJJ yang disusun oleh Kesari, dkk (2020) digunakan
    untuk mengetahui parenting stress yang dirasakan ibu dengan pendekatan penilaian perilaku
    negatif ibu terhadap 3 komponen dalam parenting stress; komponen orang tua, komponen anak,
    dan komponen relasi orang tua-anak. Skala yang digunakan yaitu skala Likert untuk mengukur
    variabel penelitian. Analisis data menggunakan uji beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
    tidak terdapat perbedaan parenting stress antara ibu yang memiliki anak SD kelas 1-3 dengan ibu
    yang memiliki anak SD kelas 4-6. Tingkat kesulitan pelajaran tampak tidak membuat perbedaan
    stress ibu, dari data terlihat tidak tampak perbedaan perilaku anak yang berbeda antara anak kelas
    1-3 dengan anak kelas 4-6 SD selama proses belajar PJJ. Selain itu, pada ibu yang memiliki anak
    SD kelas 1-3 dan ibu yang memiliki anak SD kelas 4-6 memiliki penilaian yang sama terhadap
    faktor dalam diri, persepsi tentang karakteristik anak, serta persepsi terhadap hubungan dengan
    anak.
    Kata Kunci:
    Stres pengasuhan; ibu; pembelajaran jarak jauh; pandemi COVID-19
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi