Text
[SKRIPSI] PERBANDINGAN PARENTING STRESS IBU DALAM PENDAMPINGAN PJJ PADA ANAK SD KELAS 1-3 DAN KELAS 4-6
Pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat orang tua khususnya ibu diharapkan
mampu mendampingi proses pembelajaran anak yang ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012022S3653 S3653 Cut P Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3653 Cut PPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2022 Deskripsi Fisik xv., 137 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110180109Klasifikasi S3653 Cut PTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab CUT SHABIRAH MIADARMA -
Pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat orang tua khususnya ibu diharapkan
mampu mendampingi proses pembelajaran anak yang dilaksanakan secara daring di rumah.
Pemenuhan tugas pengasuhan anak selama masa pandemi COVID-19 dapat meningkatkan tingkat
parenting stress yang dirasakan oleh ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan
parenting stress antara ibu yang memiliki anak SD kelas 1-3 dengan ibu yang memiliki anak SD
kelas 4-6. Rancangan penelitian ini yaitu kuantitatif non-eksperimental. Pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik survei. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak
SD, kelas 1 sampai kelas 6. Pengambilan sampel melalui convenience non probability sampling
dengan responden sebanyak 398 orang yang terdiri dari ibu yang memiliki anak SD kelas 1-3
sebanyak 229 orang dan ibu yang memiliki anak SD kelas 4-6 sebanyak 169 orang. Alat ukur
parenting stress Ibu Menemani Anak selama PJJ yang disusun oleh Kesari, dkk (2020) digunakan
untuk mengetahui parenting stress yang dirasakan ibu dengan pendekatan penilaian perilaku
negatif ibu terhadap 3 komponen dalam parenting stress; komponen orang tua, komponen anak,
dan komponen relasi orang tua-anak. Skala yang digunakan yaitu skala Likert untuk mengukur
variabel penelitian. Analisis data menggunakan uji beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
tidak terdapat perbedaan parenting stress antara ibu yang memiliki anak SD kelas 1-3 dengan ibu
yang memiliki anak SD kelas 4-6. Tingkat kesulitan pelajaran tampak tidak membuat perbedaan
stress ibu, dari data terlihat tidak tampak perbedaan perilaku anak yang berbeda antara anak kelas
1-3 dengan anak kelas 4-6 SD selama proses belajar PJJ. Selain itu, pada ibu yang memiliki anak
SD kelas 1-3 dan ibu yang memiliki anak SD kelas 4-6 memiliki penilaian yang sama terhadap
faktor dalam diri, persepsi tentang karakteristik anak, serta persepsi terhadap hubungan dengan
anak.
Kata Kunci:
Stres pengasuhan; ibu; pembelajaran jarak jauh; pandemi COVID-19 -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.