Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] PENGARUH PERUBAHAN SATURASI TAMPILAN TERHADAP EKSPEKTASI INTENSITAS RASA Studi Mengenai Pengaruh Manipulasi Saturasi Foto Ayam Goreng Tepung Terhadap Ekspektasi Intensitas Rasa


Meningkatnya pemanfaatan teknologi digital dalam pembelian makanan
membuat tampilan menjadi salah satu faktor utama yang digunakan untuk ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3656S3656 Feb fPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3656 Feb f
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xii., 57 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110180144
    Klasifikasi
    S3656 Feb f
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Meningkatnya pemanfaatan teknologi digital dalam pembelian makanan
    membuat tampilan menjadi salah satu faktor utama yang digunakan untuk menilai
    rasa makanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah perubahan
    saturasi tampilan makanan memiliki pengaruh terhadap ekspektasi intensitas rasa.
    Penelitian ini termasuk dalam eksperimental semu dengan populasi dewasa
    muda generasi Z (18-22 tahun) yang berdomisili di Jawa Barat dan DKI Jakarta.
    Sampel dipilih dengan metode convenience sampling. Dengan total 100 sampel
    melalui within-participant posttest-only design, masing-masing partisipan
    diberikan tautan daring dengan 4 stimulus berupa ayam goreng tepung identik
    dengan manipulasi saturasi warna sebesar 25% (0%, -25%, +25%, +50%) diikuti
    kuesioner setelah masing-masing stimulus. Data dianalisis dengan uji Friedman
    untuk melihat apakah terdapat perbedaan signifikan dan uji lanjutan Wilcoxon
    signed-test untuk mengetahui stimulus mana saja yang memiliki perbedaan
    signifikan.
    Didapatkan adanya perbedaan signifikan pada rasa asin (χ2
    (3) = 79.261, p =
    0.000) dan gurih (χ2
    (3) = 26.815, p = 0.000) pada stimulus dengan saturasi yang
    lebih tinggi dibandingkan yang bersaturasi rendah. Namun, tidak ditemukan adanya
    perbedaan signifikan rasa renyah (χ2
    (3) = 0.847, p = 0.838.) dan juicy/keberairan
    (χ2
    (3) = 6.683, p = 0.083) pada keseluruhan stimulus.
    Hasil yang didapatkan menggambarkan bahwa terdapat pengaruh saturasi
    tampilan terhadap ekspektasi intensitas rasa pada partisipan yaitu pada rasa asin dan
    gurih. Tidak ditemukan pengaruh perubahan saturasi terhadap rasa renyah dan
    juicy/berair. Saran untuk penelitian lebih lanjut adalah peningkatan kontrol dalam
    penampilan produk.
    Kata Kunci : warna, rasa, multisensory perception
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi