Detail Cantuman

Image of Perbandingan Keluasan Pengungkapan Diri Terkait Topik Seksual (Sexual Self-Disclosure) Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Mahasiswa Universitas Padadjaran

Skripsi  

Perbandingan Keluasan Pengungkapan Diri Terkait Topik Seksual (Sexual Self-Disclosure) Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Mahasiswa Universitas Padadjaran


ABSTRAK


Nisrina Hanifah. 210110150162. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E0109155.33 NIS pPerpustakaan FIKOM UNPAD (Rak Layanan Karya Ilmiah)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.33 NIS p
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xxxv, 88 hlm. : Ilus. ; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.33 NIS p
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK


    Nisrina Hanifah. 210110150162. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, angkatan 2015. Penelitian ini berjudul “Perbandingan Keluasan Pengungkapan Diri terkait Topik Seksual (Sexual Self-Disclosure) Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Mahasiswa Universitas Padjadjaran”. Penelitian ini dibimbing oleh Meria Octavianti, S.Sos., M.I.Kom., selaku dosen pembimbing utama dan Ditha Prasanti, S.I.Kom, M.I.Kom., selaku dosen pembimbing pendamping.
    Pembicaraan dan pengungkapan diri terkait topik seksual merupakan hal yang esensial demi memahami kesehatan reproduski tubuh tiap individu, sayangnya terdapat ketabuan dalam pembicaraan terkait topik seksual tersebut di masyarakat. Penelitian ini berusaha mengetahui perbandingan keluasan pengungkapan diri terkait topik seksual antara mahasiswa laki-laki dan perempuan terhadap empat orang terdekat (Ayah, Ibu, Sahabat Perempuan dan Sahabat Laki-laki). Menggunakan Teori Penetrasi Sosial, penelitian ini dilakukan dengan asumsi metode kuantitatif dan analisis komparasi. Kuisioner disebarkan secara langsung dan offline kepada 379 responden yaitu mahasiswa aktif Unpad yang ditentukan melalui kuota sampling.
    Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan keluasan yang signifikan antara pengungkapan diri terkait topik seksual pada mahasiswa laki-laki dan perempuan terhadap tiga target, yaitu Ibu, Sahabat Perempuan dan Sahabat Laki-laki. Di antara keempat target tersebut, pengungkapan diri mahasiswa perempuan paling tinggi adalah terhadap sahabat perempuannya, sementara mahasiswa laki-laki terhadap sahabat laki-lakinya. Selain itu, seluruh responden diketahui paling banyak mengungkapkan diri pada topik dalam kategori middle layer dibanding topik dalam kategori inner layer.


    Kata kunci: Sexual Self-Disclsoure, Mahasiswa Unpad, Keluasan, Pengungkapan
    Diri

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi