Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN RECIPROCITY DENGAN INTENSI MEMBELI LAYANAN STREAMING MUSIK PREMIUM X PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PADJADJARAN
Layanan streaming musik X, yaitu Spotify menawarkan layanan premium
uji coba gratis 30 hari kepada calon pengguna premium. Layanan premium ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012023S3711 S3711 Nur h Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3711 Nur hPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2023 Deskripsi Fisik xiii., 136 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110160032Klasifikasi S3711 Nur hTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab NUROSI SAUNDARI -
Layanan streaming musik X, yaitu Spotify menawarkan layanan premium
uji coba gratis 30 hari kepada calon pengguna premium. Layanan premium uji
coba gratis 30 hari merupakan strategi pemasaran reciprocity. Reciprocity
memunculkan kecenderungan untuk membalas kepada pihak lain, yang dalam hal
ini membalas dengan membeli layanan premium. Perilaku membeli layanan
premium dapat diprediksi dengan intensi membeli. Peningkatan intensi membeli
salah satunya dapat dibantu oleh reciprocity yang dimiliki oleh calon pengguna.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan reciprocity dengan intensi
membeli layanan streaming musik premium X pada mahasiswa Universitas
Padjadjaran. Reciprocity adalah kecenderungan seseorang untuk membalas
perilaku orang atau pihak lain, yaitu dengan membalas kepada yang telah
membantu, berdasarkan preferensi pribadi dalam melakukannya (Perugini et al.,
2003). Intensi membeli adalah indikasi dari kesiapan seseorang untuk
memunculkan perilaku (Fishbein & Ajzen, 2010).
Metode penelitian ini adalah non-eksperimental kuantitatif dengan studi
korelasi. Mahasiswa Universitas Padjadjaran dipilih sebagai populasi penelitian.
Sampel penelitian didapatkan sebanyak 107 responden melalui teknik nonprobability convenience sampling. Alat ukur penelitan menggunakan alat ukur
reciprocity dan alat ukur intensi membeli. Peneliti menyebarkan kuesioner secara
online dalam bentuk Google Form. Analisis data yang digunakan ialah uji korelasi
Spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reciprocity memiliki
hubungan positif dengan intensi membeli. Semakin meningkat reciprocity, maka
semakin kuat intensi membeli layanan streaming musik premium X pada
mahasiswa Universitas Padjadjaran. Dapat disimpulkan bahwa reciprocity sebagai
salah satu strategi pemasaran dapat meningkatkan intensi membeli layanan
streaming musik premium X pada mahasiswa Universitas Padjadjaran -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.